HEALTH

Kenali Perilaku Keseharian Bisa Picu Penyakit Diabetes

Senin, 3 Juni 2019

Indonesiaplus.id – Di seluruh dunia secara bertahap diabetes menjadi penyakit yang umum diderita.

Namun, jika tidak dikontrol secara efektif bisa menimbulkan komplikasi lain, seperti stroke, serangan jantung, amputasi, kebutaan serta impotensi.

Perilaku sederhana keseharian penting diperhatikan. Misalnya, kurangnya aktivitas fisik dan mengonsumsi kalori tidak sehat bisa berbahaya.

Kebiasaan apapun yang menyebabkan obesitas hanya akan meningkatkan risiko diabetes.

Sehingga alangkah lebih baik mengonsumsi karbohidrat secara perlahan agar mudah dicerna tubuh. Mengonsumsi makanan kaya serat jauh lebih aman.

Selain itu, ada beberapa kebiasaan makan ada beberapa kebiasaan lain yang dapat memicu penyakit diabetes.

Jangan terlalu mengonsumsi minuman manis
Kelebihan kalori masuk ke tubuh Anda melalui minuman manis. Maka Anda harus menghindarinya. Semua minuman soda dan manis dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.

Makan tepat waktu
Salah satu kebiasaan tidak sehat yang berkontribusi pada masalah diabetes. Makan sebelum waktunya dapat memengaruhi kadar gula darah Anda. Ingat makanlah tepat waktu!

Perhatikan asupan serat
Bagi Anda yang hanya mengonsumsi makanan bertepung tanpa serat, lebih baik ubah kebiasaan Anda dari sekarang.

So, hindari Ngemil malam hari
Kondisi sulit tidur malam hari tidak membuat Anda mengonsumsi kalori ekstra di tengah malam. Sebab, ini salah satu kebiasaan makanan yang dapat menyebabkan diabetes.

Kelola stres dengan baik
Riwayat keluarga yang menderita diabetes, mengelola stres sangatlah penting. Ini karena kortisol dapat memengaruhi kadar gula darah Anda.

Kurangi makanan bertepung
Jenis makanan roti putih dan nasi putih bagian dari kebiasaan sehari-hari. Sayangnya, kedua makanan tersebut dapat menyebabkan kadar gula darah tidak sehat.[was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close