HEALTH

Hasil Studi: Gangguan Mental Percepat Proses Penuaan Dini

Indonesiaplus.id – Dalam studi teranyar menemukan ada hubungan antara kesehatan mental dengan penuaan yang mengakibatkan gangguan mental membuat seseorang lebih cepat tua.

Penelitian dipublikasikan di jurnal JAMA Psychiatry ini menemukan orang yang mengalami gangguan mental di masa muda dapat menyebabkan penurunan kesehatan fisik dan menua dengan lebih cepat.

Penelitian mengambil kesimpulan usai peneliti menganalisis 1.000 orang Selandia Baru yang lahir pada 1972-1973 hingga mereka berusia 45 tahun.

Selama lebih dari empat dekade, peneliti mengamati kesehatan mental, fisik, dan biologis partisipan. Hasilnya, seseorang dengan gejala gangguan mental yang lebih banyak di masa muda, menua lebih cepat secara biologis sekitar 5,3 tahun dibandingkan orang dengan gejala mental yang lebih sedikit.

Dengan gejala mental itu meliputi kecemasan, depresi, penyalahgunaan zat, dan skizofrenia. Dari perawakan yang dinilai melalui foto, orang dengan gejala gangguan mental juga tampak lebih tua dibandingkan yang tidak.

Bagi orang dengan gangguan mental ini lebih mungkin mengalami kesulitan pendengaran, penglihatan, keseimbangan, gangguan fungsi motorik, dan gangguan kognisi bahkan sebelum berusia 45 tahun.

“Penyakit kronis berhubungan dengan usia biasanya muncul di akhir 50-an. Hasil penuaan ini diukur sebelum orang mencapai usia tersebut. Anda dapat melihat bahwa orang yang pernah mengalami masalah kesehatan mental menunjukkan penuaan yang lebih cepat pada usia yang tampaknya relatif muda,” ungkap peneliti dari Duke University, Jasmin Wertz, dikutip dari CNN.

Sejumlah alasan mungkin membuat gangguan mental dapat menyebabkan penuaan lebih cepat. Peneliti berasumsi, penuaan dapat terjadi karena kebiasaan yang tidak sehat dan memicu stres atau sebaliknya, karena gangguan mental yang menciptakan kebiasaan yang tidak sehat.

Menurut Wertz bahwa orang dengan gangguan kesehatan mental cenderung lebih sedikit berolahraga dan memiliki pola makan yang buruk, sehingga aktivitas ini berkaitan dengan penuaan yang lebih cepat.

Tentuja, selain stres dan gangguan kesehatan mental lainnya juga memicu hormon stres dan peradangan yang dapat memicu kerusakan organ dan menua lebih cepat.

Juga, para peneliti menyarankan agar setiap orang dapat mencegah gangguan mental dengan melakukan gaya hidup sehat dan mengobati gejala yang muncul secepat mungkin.[auf]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close