HEALTH

Di Balik Rasa Pahit, Buah Mengkudu Miliki Khasiat Luas Biasa Bagi Kesehatan

Indonesiaplus.id – Di balik rasanya yang pahit dan bau yang menyengat, ternyata buah mengkudu memiliki khasiat bagi kesehatan dan biasanya dikonsumsi dalam bentuk jus. Penelitian buah ini relatif baru sehingga masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Menurut Healthline khasiat dari buah mengkudu di antaranya:

Kaya antioksidan tinggi

Mengkudu dikenal karena tingkat antioksidan tinggi dan antioksidan mampu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh molekul radikal bebas. Menurut para peneliti menduga, potensi khasiat kesehatan buah mengkudu berasal dari kandungan antioksidannya. Juga, antioksidan utama dalam buah mengkudu adalah vitamin C, vitamin E, beta karoten, dan iridoid.

Kurangi kerusakan sel akibat asap tembakau

Dapat mengurangi kerusakan sel dari asap tembakau mampu menghasilkan radikal berbas berbahaya. Penelitian teranyar, perokok berat yang mengonsumsi 118 ml jus buah mengkudu setiap hari selama satu bulan mengalami pengurangan 30 persen radikal bebas. Buah mengkudu tidak mengatasi semua efek kesehatan negatif dari merokok.

Bagus untuk kesehatan jantung

Mendukung kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi peradangan. Studi menemukan dengan minum 188 ml jus buah mengkudu setiap hari selama satu bulan mampu mengurangi kolesterol total dan kolesterol jahat secara signifikan.

Tingkatkan daya tahan tubuh

Kandungan jus mengkudu bisa meningkatkan daya tahan fisik. Dari penelitian menunjukkan bahwa efek positif minum jus buah mengkudu saat olahraga. Misalnya, satu studi yang dilaksanakan selama tiga minggu dengan subjek pelari jarak jauh menemukan, konsumsi 100 ml jus buah mengkudu dapat menunjukkan peningkatan daya tahan fisik.

Kurangi rasa sakit akibat radang sendi

Selama satu bulan dilakukan penelitian terhadap penderita artritis degeneratif tulang belakang, mengonsumsi 15 ml jus buah mengkudu dua kali sehari dapat menurunkan rasa nyeri secara signifikan. Kemudian, penelitian serupa juga mengatakan, konsumsi 89 ml jus buah mengkudu setiap hari selama 90 hari dapat menurunkan keparahan nyeri arthritis.

Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan jus buah mengkudu kaya vitamin C. Vitamin C ini mendukung sistem kekebalan tubuh dengan melindungi sel-sel dari radikal bebas. Selain vitamin C, buah mengkudu juga banyak mengandung antioksidan termasuk beta karoten.[auf]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close