HEALTH

Daya Ingat Pada Bayi Tiga Bulan Bisa Dikuatkan dengan Tidur

Selasa, 29 Agustus 2017

Indonesiaplus.id – Ingatan yang lebih baik saat didapatkan bayi berusia tiga bulan usai mereka tidur setelah mengetahui sesuatu yang baru.

Hal ini menurut eksperimen kecil yang menunjukkan bahwa tidur berperan dalam memperkuat ingatan sejak awal kehidupan.

Penelitian sebelumnya telah menghubungkan sering tidur siang dengan memori yang lebih baik pada bayi 6 bulan, studi ini meneliti dampak tidur siang 1,5 sampai 2 jam pada bayi di bawah usia 6 bulan.

Untuk menguji memori dengan memperlihatkan bayi wajah yang mereka ingat hingga mereka merasa lelah.

Periset menunjukkan bayi satu dari dua karakter kartun dengan ciri khas, kemudian membiarkan beberapa bayi tidur siang, lalu menunjukkan semua bayi kedua karakter tersebut untuk melihat mana yang menarik perhatian mereka lebih lama.

Lebih dari setengah bayi yang telah tidur siang mengalihkan pandangan mereka ke wajah kartun yang asing, menunjukkan bahwa mereka ingat apa yang mereka lihat sebelum mereka tidur.

Tapi tanpa tidur siang, bayi tampak secara acak memilih wajah yang mereka lihat, menunjukkan bahwa mereka lupa apa yang telah mereka lihat sebelumnya dan menemukan kedua kartun itu baru dan menarik.

“Bayi berusia tiga bulan hanya bisa mengingat wajah yang telah ditunjukkan sebelumnya jika mereka telah tidur siang,” ujar penulis studi utama, Dr. Klara Horvath, seperti dilansir laman Lifescript, Kamis lalu.

Tampaknya bagi mereka, memiliki waktu tidur yang singkat diperlukan untuk mengkonsolidasikan kenangan, jika tidak, mereka bisa melupakan informasi yang baru dipelajari. Gelombang tidur muncul pada tes electroencephalogram (EEG) yang memeriksa pola gelombang otak.

“Temuan itu menawarkan bukti baru bahwa tidur siang sangat penting untuk perkembangan normal bahkan di usia yang sangat muda,” tandas Gina Poe, seorang peneliti fisiologi dan psikiatri di University of California, Los Angeles, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.[Was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close