HEALTH

Dahsyat! Berikut 9 Manfaat Rutin Konsumsi Telur Setengah Matang

Indonesiaplus.id – Salah satu makan yang mudah ditemukan dimana-mana adalah telur setengah matang.

Bahkan, beberapa dari kita suka mengonsumsinya pasalnya memiliki rasa yang sedikit berbeda dengan telur rebus.

Sehatkah itu untuk tubuh kita? Namun faktanya telur setengah matang sehat untuk tubuh kita. Nutrisi yang terkandung di dalam telur tetap sama meski direbus atau setengah matang. Berikut ini beberapa penjelasannya.

Pertama, bisa membantu Menyehatkan Mata Kesehatan mata

Kandungan vitamin A adalah salah satu vitamin yang bisa menjaga kesehatan mata. Vitamin A juga merupakan salah satu nutrisi yang terkandung di dalam telur, dan di dalam telur setengah matang vitamin A yang terkandung jauh lebih banyak. Sehingga konsumsi telur setengah matang jauh lebih baik dibandingkan telur yang sepenuhnya matang.

Kedua, Kaya Nutrisi


Memasak telur setengah matang, ini artinya kuning telur tidak terlalu masak. Ini membuat nutrisi di dalam kuning telur tidak hilang sehingga sangat baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian bagi tubuh Anda.

Ketiga, bisa membantu Menguatkan Daya Ingat

Dua buah telur setengah matang merupakan sumber choline yang sangat tinggi. Choline adalah unsur yang sangat baik dan bisa meningkatkan kapasitas memori di dalam otak kita.

Keempat, membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan asam amino mengandung banyak komponen yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Komponen di dalam asam amino dari telur setengah matang juga ternyata bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga bisa membantu tubuh untuk mencegah serangan berbagai penyakit.

Kelima, membantu Melancarkan Metabolisme Tubuh

Dengan asam amino adalah zat atau nutrisi yang sangat mudah dicerna oleh tubuh. Telur setengah matang mengandung asam amino. Zat ini merupakan salah satu kandungan yang paling tinggi di dalam telur setengah matang.

Keenam, membantu Menurunkan Berat Badan


Asukan telur mengandung asam amino yang sangat tinggi. Inilah yang menjadi alasan mengapa telur setengah matang cocok untuk sarapan. Asam amino yang masuk ke dalam tubuh bisa diubah menjadi energi.

Sehingga bisa membantu untuk membentuk otot-otot ataupun kulit. Asam amino di dalam telur setengah matang bermanfaat sebagai sumber energi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan protein, dan bisa membantu kenyang lebih lama. Selain itu, 75 persen lemak di dalam telur merupakan lemak tidak jenuh sehingga mudah diserap oleh tubuh.

Ketujuh, mencegah Penuaan Telur


Setengah matang merupakan sumber carotenoid, lutein, serta zeaxanthin yang bisa membantu melindungi organ penglihatan dari proses penuaan.

Secara rutin mengonsumsi telur setengah matang bisa membantu tubuh, organ tubuh serta fungsinya dari proses kerusakan sel dan jaringan akibat penuaan.

Kedelapan, membantu Pembentukan Otot

Telur bisa membantu dalam pembentukan otot. Telur sudah dikenal di kalangan para binaragawan sebagai menu yang sangat cocok untuk diet dan sumber protein yang dibutuhkan untuk pembentukan otot dalam tubuh.

Kesembilan, mencegah Anemia Darah

Di dalam tubuh sangat penting bagi fungsinya, sehingga kekurangan darah bisa membuat seseorang mengalami anemia. Anemia terjadi jika tubuh kekurangan vitamin B12 dan menjadikan telur setengah matang bisa menjadi alternatif makanan untuk mengobati kekurangan darah.[auf]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close