HEALTH

Cara Tepat Jaga Kesehatan Usus. Berikut Daftar Makanannya

Rabu, 19 April 2017

Indonesiaplus.id – Usus adalah organ vital yang harus dijaga setiap hari dengan mengonsumsi berbagai makanan yang ‘ramah’ dengan organ tersebut.

Tidak hanya itu, usus juga merupakan organ yang memiliki peranan penting bagi pencernaan. Memang banyak jenis keluhan yang disebabkan oleh usus yang tidak sehat, antara lain konstipasi, diare dan lain sebagainya.

Ada banyak cara agar usus kita selalu sehat bisa ikuti tips berikut, seperti dilansir laman Prevention:

Konsumi makanan organik
Sayuran yang ditanam di tanah yang sehat bisa memindahkan beberapa mikroba tanah yang beragam ke dalam tubuh kita membantu menjaga kesehatan.

Gandum
Prebiotik yang terdapat dalam quinoa, soba, oatmeal, pasta gandum dan beras merah sangat baik untuk mendorong pertumbuhan mikroba yang menguntungkan daripada biji-bijian olahan seperti tepung putih.

USDA merekomendasikan asupan 14 gram serat per 1.000 kalori yang dikonsumsi. Coba melengkapi diet Anda dengan roti gandum (yang berisi 3 gram serat per slice) dan makanan ringan serat tinggi, seperti apel mentah (3,5 gram serat per slice).

Coba makanan fermentasi
Dengan daftar bahan-bahan yang meliputi kultur aktif hidup, yoghurt memberikan Anda miliaran mikroba per porsi.

Makanan fermentasi yang tidak dipasteurisasi seperti kimchi, kefir, sauerkraut dan acar bisa membantu melindungi mikroba usus yang baik.

Hindari pemanis buatan
Bahan kimia dalam produk pemanis buatan mendesak keluar bakteri baik dan bisa menyebabkan diabetes serta penyakit terkait obesitas lainnya.

Dapatkan kotor
Studi yang dilakukan di Swiss pada 1990-an dan baru-baru dengan komunitas Amish Indiana menunjukkan bahwa anak-anak yang tumbuh di peternakan kecil memiliki insiden lebih rendah dari alergi dan asma, mungkin karena binatang mendiversifikasi mikroba manusia.[Mas]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close