HEALTH

Cara Jitu Lepaskan Rasa Penat Pekerjaan Ketika Berada di Rumah

Minggu, 6 Agustus 2017

Indonesiaplus.id – Pikiran terhadap pekerjaan di kantor, terkadang terbawa ke rumah. Padahal pulang merupakan waktu untuk melepas kepenatan setelah seharian bekerja.

Namun, yang sangat penting bila tidak membawa stres itu ke rumah. “Jika tidak, adrenalin Anda melepaskan kortisol,” ujar pakar keseimbangan kehidupan kerja, Mary LoVerde, seperti dilansir laman Today, Kamis (3/8/2017).

Terjadi peningkatan kadar hormon stres seperti kortisol pada gilirannya bisa menyebabkan masalah pada kesehatan.

Salah satu upaya mencegah hal ini, Mary menginstruksikan kliennya untuk terlibat dalam apa yang dia sebut ritual jam kekuasaan, saat mereka pulang kerja.

“Usai Anda kembali dari kantor, cobalah untuk terlibat dalam serangkaian ritual yang akan membantu Anda menghilangkan stres dan mengalihkan pikiran Anda dari pekerjaan ke mode rumah,” katanya.

LoVerde memberi contoh, bagi seorang perawat di ruang gawat darurat. Ketika dia pulang, dia akan menyapa semua orang di keluarganya dan kemudian langsung naik ke lantai atas untuk mandi dan membersihkan semua kuman dan menghilangkan stres yang dia rasakan.

Setelah itu, dia akan menyikat giginya, berpakaian dan turun untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anaknya. Tanpa ritual itu, Mary berkata, dia masih dalam mode kerja saat dia pulang ke rumah.

“Banyak dari kita adalah orang yang berbeda, saat berada di kantor dan saat berada di rumah,” katanya.

Selain itu, ada ritual lain bisa termasuk menyingkirkan telepon, membawa anjing Anda berjalan-jalan atau bahkan duduk untuk mendiskusikan hari Anda dengan anak-anak Anda. “Semua orang punya cara sendiri, percaya naluri Anda sendiri,” ucapnya.

Usai terlibat dalam ritual ini, Anda akan memiliki transisi yang lebih mudah dari mode kerja ke mode rumah.

Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih sadar, dan pada akhirnya menghabiskan waktu di rumah pada saat ini dan tidak terlalu stres tentang pekerjaan Anda.[Was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close