HEALTH

Cara Jitu Jaga Tubuh Tetap Prima dengan Teh Kembang Sepatu

Senin, 3 Juli 2017

Indonesiaplus.id – Salah satu jenis tanaman yang banyak tumbuh di sekitar lingkungan halaman rumah adalah bunga kembang sepatu.

Ciri dari bunga ini berbentuk seperti terompet, mempunyai mahkota 5 helai dengan dilengkapi putik dan benang sari yang menonjol ke atas.

Pada umumnya bunga ini berwarna merah namun juga ada yang berwarna pink dan putih. Khasiat bunga ini sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk pengobatan herbal.

Nama latin bunga ini Hibiscusrosa-sinensis L yang banyak mempunyai manfaat bagi kesehatan tubuh. Tak heran bunga ini bisa dijadikan sebagai jamu herbal atau pengobatan tradisional.

Kandungan dalam bunga ini dipercaya memiliki manfaat untuk mengobati atau menyembuhkan segala penyakit seperti, mengobati sariawan, melancarkan sistem pencernaan, mengobati bisul dan masih banyak lagi.

Baru-baru ini ada penelitian menarik yang memback-up manfaat teh kembang sepatu, terutama untuk kesehatan jantung.

Para ilmuwan telah mengkonfirmasi bahwa kembang sepatu mampu menurunkan tekanan darah berkat sifat diuretiknya (membantu tubuh menghilangkan kelebihan air) dan fakta bahwa antosianin yang terkandung didalam bunga ini menghambat enzim pengubah angiotensin (ACE), senyawa yang menyebabkan pembuluh darah menyempit.

Nah, berikut ada resep teh hibiscus/kembang sepatu yang bisa menurunkan tekanan darah Anda, seperti dilansir laman Prevention, Minggu (2/7/2017).

1. Bahan-bahan:

– 4 cangkir air.
– 3 sdt kering atau 4-5 sdt bunga kembang sepatu segar.
– 1 batang kayu manis.
– 1 sdm gula mentah.
– Jus 1 jeruk.

2. Cara Pengolahan:
Rebus air dan tuangkan di atas sepatu kembang sepatu dan kayu manis. Biarkan selama 20 menit.
Saring kembang sepatu dan batang kayu manis. Tambahkan gula dan jeruk. Sajikan panas atau bisa ditambah es.[Mas]

Related Articles

Back to top button