HEALTH

Cara Ampuh Lindungi Jantung Anda dengan Buah-buahan

Sabtu, 22 April 2017

Indonesiaplusl.id – Jantung merupakan organ penting yang bekerja selama 24 jam tanpa henti. Bila berhenti bekerja untuk memompa darah, meskipun sedetik saja bisa menyebabkan kelainan dan kerusakan pada tubuh.

Sudah selayaknya kita berusaha menjaga dan melindungi jantung agar senantiasa sehat dan berfungsi dengan baik. Selain dengan menjaga gaya hidup dan pola makan yang sehat, bisa dengan rutin mengonsumsi buah-buahan.

Nah, kira-kira buah-buahan apa sajakah yang mengandung khasiat sebagai pelindung Jantung? Buah yang terbaik dan berkhasiat melindungi jantung adalah buah yang mengandung kalium atau potasium.

Seberapa pentingkah kalium untuk jantung? Sangat penting, kalium berfungsi menjaga tekanan darah agar senantiasa normal. Juga, kekurangan kalium dalam darah atau Hipokalemia dapat menyebabkan gangguan fungsi dan irama jantung.

Pisang
Termasuk buah kaya akan nutrisi, salah satunya kalium. Pisang bisa memanfaatkan buah pisang untuk melindungi jantung Anda. Anda bisa mengonsumsi buah pisang dalam bentuk utuh atau mengolahnya sebagai jus atau cemilan sehat.

Alpukat

Tidak hanya kaya akan kalium, tapi juga asam lemak baik yang bagus untuk membantu menurunkan kadar lemak jahat yang membahayakan kesehatan jantung.

Tomat
Kandungan buah tomat tidak hanya kaya akan kalium, tapi juga antioksidan yang bermanfaat melindungi jantung dari kerusakan. Anda bsia mengonsumsi buah tomat secara langsung atau menjadikannya sebagai jus atau campuran masakan.

Kurma
Kurma termasuk buah yang kaya akan nutrisi dan berkhasiat melindungi jantung. Diantara kandungan nutrisi dalam buah kurma adalah kalium. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan buah kurma sebagai buah yang wajib dikonsumsi keluarga setiap hari.

Melon
Buah Melon kaya akan kalium yang mengontrol detak jantung dan tekanan darah, tapi juga kaya serat alami yang berkhasiat mengikat kadar kolesterol dalam darah yang membahayakan jantung.

Pepaya
Tidak hanya kaya dengan banyak nutrisi, pepaya juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk jantung. Hal itu karena kandungan antioksidan, kalium, vitamin, serat dan juga mineral penting lainnya yang terdapat dalam buah pepaya.[Mas]

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close