Uncategorised

Prediksi Gubernur BI Investasi Indonesia Tumbuh 6 Persen

Jumat, 19 Juli 2019

Indonesiaplus.id – Hingga akhir tahun ini, Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan investasi mencapai 5% hingga 6%. Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengatakan prediksi pertumbuhan investasi ini seiring pemerintah yang terus memberikan insentif pajak.

Pertumbuhan investasi akan ditopang dari investasi bangunan dan investasi non bangunan. “Kami perkirakan total investasi, baik bangunan maupun non bangunan secara rill dalam kompenen Produk Domestik Bruto (PDB) bisa tumbuh 6%. Cukup bagus dan kelihatan akan menguat kuartal III dan IV 2019,” ujar Perry di Medan, Sumatra Utara, Jumat (19/7/2019).

Investasi akan terbagi dua jenis yakni berorientasi ekspor dan investasi untuk memenuhi kebutuhan domestik. Investasi berorientasi ekspor masih menghadapi tantangan seperti ketegangan perang dagang yang juga dialami negara lainnya.

“Wajar korporasi perlu menimbang lebih jauh untuk menambah kapasitas produksinya dalam bentuk investasi,” katanya.

Jenis investasi untuk memenuhi kebutuhan domestik, akan tumbuh secara positif. Hal ini seiring komitmen pemerintah meningkatkan investasi seperti kemudahan perizinan, pemangkasan birokrasi, dan pemberian insentif pajak.

“Terlebih kita sudah dengar bapak presiden sangat serius dan berkomitmen meningkatkan investasi, baik dari kemudahan izin, pemangkasan birokrasi, insentif pajak, dan tentu saja itu akan menambah investasi di Indonesia,”pungkasnya.[sal]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close