TECHNOLOGY

Ransomware Luna Mampu Sandera Sistem Windows, Linux dan ESXi

Indonesiaplus.id – Baru-baru ini ditemukan Ransomware baru dijuluki Luna yang bisa mengenkripsi perangkat dan menjalankan beberapa sistem operasi, termasuk Windows, Linux, dan ESXi.

Para peneliti keamanan Kaspersky melalui iklan forum dark web ransomware, menyatakan bahwa Luna tampaknya dirancang khusus untuk digunakan hanya oleh aktor ancaman berbahasa Rusia.

Enkripsi adalah proses teknis yang mengonversikan informasi menjadi kode rahasia, sehingga mengaburkan data yang dikirim, diterima, dan disimpan.

Maka sesuai dengan namanya, Ransomware adalah malware yang akan menyandera data korban dengan cara melakukan enkripsi data penting.

“Menurut iklan itu Luna hanya bekerja dengan afiliasi berbahasa Rusia. Catatan tebusan yang dikodekan di dalam biner mengandung kesalahan ejaan. Misalnya, tertulis ‘a little team’ bukannya ‘a small team’,” kata Kaspersky sebagaimana dikutip dari BleepingComputer, Jumat (22/7/2022).

“Berdasarkan itu, kami berasumsi dengan keyakinan bahwa aktor di belakang Luna adalah penutur bahasa Rusia,” sambung Kaspersky.

Kata Luna berarti bulan dalam bahasa Rusia adalah ransomware sederhana yang masih dalam pengembangan dan dengan kemampuan terbatas berdasarkan opsi baris perintah yang tersedia.

Ia menggunakan skema enkripsi tidak umum, menggabungkan kurva elips X25519 yang cepat dan aman, pertukaran kunci Diffie-Hellman menggunakan Curve25519, dengan algoritma enkripsi simetris Advanced Encryption Standard (AES).[nan]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close