TECHNOLOGY

Jaringan 5G Pertama di Eropa Diluncurkan Ericsson-Swisscom

Kamis, 18 April 2019

Indonesiaplus.id – Pada Rabu (17/4/2019), perusahaan pembuat perangkat telekomunikasi Ericsson dilaporkan telah meluncurkan jaringan komersial 5G skala besar dengan menggandeng operator Swisscom.

Peluncuran 5G oleh Ericsson-Swisscom tersebut merupakan yang pertama di kawasan Eropa.

“Jaringan 5G diluncurkan di 54 kota di Swiss dan akan mulai aktif setelah 17 April tengah malam seetelah Swisscom mendapatkan izin untuk mengoperasikan jaringan 5G di negara ini,” tulis pernyataan Ericsson.

Kepala eksekutif Ericsson, Borje Ekholm, mengatakan, bahwa perusahaannya saat ini telah meneken kerjasama dengan 18 operator lainnya untuk menjalankan jaringan 5G komersial dan di pengujung 2019 ini Ericsson berharap bisa mendirikan jaringan 5G di sebagian wilayah Asia.

Saat ini, Ericsson merupakan salah satu pesaing perusahaan telekomunikasi raksasa dari Tiongkok, Huawei, di pasar jaringan 5G.

Huawei sendiri sedang mengalami kesulitan pemasaran jaringan 5G milik mereka setelah ada tekanan dari Amerika Serikat untuk melarang penggunaan perangkat buatan Huawei karena kekhawatiran pembobolan keamanan di jaringan mobil selulernya.[sam]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close