TECHNOLOGY

Gawat! Hacker Kembali Berhasil Jebol 50 Juta Akun Facebook

Selasa, 2 Oktober 2018

Indonesiaplus.id – Kabar tak sedap datang dari raksasa media sosial, Facebook. Pasalnya, pada 28 September 2018, sebanyak 50 juta akun Facebook dilaporkan telah diretas oleh hacker.

Sang hacker berhasil menemukan celah untuk mencuri token akses Facebook yang dapat digunakan untuk mengambil alih akun.

Dilansir dari laman The Inquirer, Selasa (2/10/2018) kabarnya tidak hanya akun Facebook saja, namun hacker  juga dapat meretas informasi dari akun pihak ketiga, di antaranya Tinder, Spotify, Instagram, dan Airbnb.

Hal ini terjadi jika beberapa dari 50 juta akun tersebut menggunakan Facebook untuk masuk ke aplikasi pihak ketiga tersebut.

Facebook belum secara langsung mengungkapkan rincian tentang pelanggaran akun, tetapi diketahui bahwa
akun CEO Mark Zuckerberg dan COO Sheryl Sandberg juga terkena peretasan.

Kabarnya, jika pengguna keluar dari layanan antara tanggal 27 dan 28 September, itu menunjukkan bahwa pengguna dapar terkena dampak, karena saat itulah Facebook memulai proses pembatalan token.

Sebelumnya, diberitakan jika Facebook telah me-reset token akses milik hampir 50 juta pengguna yang diketahui telah terdampak untuk melindungi keamanan akun mereka.

Selain itu, Facebook mengambil langkah pencegahan untuk me-reset (membuat ulang) token akses 40 juta akun yang mengalami hal serupa tahun lalu.[Sam]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close