TECHNOLOGY

Gagal Diluncurkan, Kapsul SpaceX Tunda Penerbangan Astronot

Selasa, 23 April 2019

Indonesiaplus.id – Pada Sabtu di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. Insiden serius tampaknya menimpa SpaceX yang rencananya membawa astronot Amerika ke luar angkasa pada akhir tahun ini.

“Kemarin, SpaceX melakukan serangkaian uji mesin pada kendaraan uji Crew Dragon di tempat uji kami di Landing Zone 1 di Cape Canaveral, Florida,” ujar juru bicara SpaceX dalam sebuah pernyataan.

Kabarya, tes awal selesai dengan sukses tetapi tes akhir menghasilkan anomali di tempat tes, sepert dikutip Cgtn, Senin (22/4/2019).

Berdasarkan foto di website Florida Today menunjukkan bahwa asap mengepul dari lokasi uji, dan ada spekulasi tentang kemungkinan ledakan, tetapi SpaceX maupun NASA tidak akan memberikan perincian segera.

Menurut administrator NASA Jim Bridenstine pihaknya melakukan pengujian. “Hal inilah sebabnya kami menguji dan akan belajar, melakukan penyesuaian yang diperlukan, dan bergerak maju dengan aman,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Crew Dragon melakukan uji terbang yang sukses pada Maret, mengirimkan kapsul tanpa awak ke dermaga selama lima hari dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional sebelum kembali ke Bumi.

Pihak NASA menyebut penerbangan tonggak utama dan itu meningkatkan harapan bahwa penerbangan kru pertama Dragon Crew bisa terjadi sebelum akhir tahun.

Dilengkapi dengan delapan mesin roket yang diberi nama SuperDraco yang dapat menyediakan sistem cadangan darurat. Misalnya, kendaraan peluncuran menghadapi masalah, SuperDraco memungkinkan kapsul untuk dengan cepat melepaskan dan mengembalikan astronot dengan aman ke Bumi.[sam]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close