TECHNOLOGY

Bos Apple Kritik Keras Media Sosial, Ini Tanggapan Facebook

Indonesiaplus.id – praktik polarisasi dan penyebaran misinformasi di media sosial, langkah yang bisa mempertajam ketegangan mereka dengan Facebook dikritik oleh CEO Apple Inc Tim Cook.

Pada saat berpidato di konferensi ‘Computers, Privacy and Data Protection’, Cook mengatakan bahwa aplikasi media sosial mengumpulkan terlalu banyak informasi pribadi dan memprioritaskan konten soal teori konspirasi dan kekerasan.

“Disinformasi saat ini dan teori konspirasi merajalela, dibumbui oleh algoritma. Kita tidak bisa lagi pura-pura tidak tahu soal teori dunia teknologi yang mengatakan semua keterlibatan adalah bagus, makin lama makin bagus, semua bertujuan mengumpulkan data sebanyak mungkin,” ungkap Cook, seperti dilansir Reuters.

Juga, Cook menyebut media sosial mengacaukan kepercayaan publik soal vaksin hingga mendukung pengguna untuk bergabung dengan grup ekstremis.

“Jadi, sudah lewat waktunya berpura-pura pendekatan ini tidak menimbulkan akibat. Polarisasi, kehilangan kepercayaan, dan, ya, kekerasan. Dilema sosial tidak boleh dibiarkan menjadi bencana sosial,” katanya.

Memang, Cook tidak menyebut Facebook, faktanya dua raksasa teknologi itu tengah berselisih. Apple akan memberikan notifikasi privasi, yang diyakini industri periklanan digital hanya sedikit pengguna yang mengizinkan perangkat iklan target.

Facebook beberapa waktu lalu menuduh Apple melakukan praktik antikompetisi karena mereka membuat aplikasi berbayar dan bisnis iklan digital sendiri.

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan Apple memiliki ‘setiap insentif untuk menggunakan posisi dominan mereka untuk mengganggu aplikasi kami dan aplikasi lainnya’.

Menanggapi pidato Cook, Facebook menyatakan bahwa mereka yakin ‘Apple berperilaku antikompetisi dengan menggunakan kontrol mereka di App Store untuk meraup keuntungan dari pengembang aplikasi dan usaha kecil’.[nan]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close