POLITICS

Soal Karhutla, Presiden: Perlu Diingatkan Pemda, Korporasi dan Warga Terus-menerus

Indonesiaplus.id – Pemerintah daerah (pemda) dan aparat TNI-Polri agar terus memberi peringatan dan pemahaman tentang antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kepada perusahaan yang memiliki konsesi.

Hal itu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahwa perlu peringatan dan edukasi serupa, termasuk kepada masyarakat, khususnya warga yang tinggal di sekitar hutan dan lahan dengan riwayat karhutla.

“Perlu berikan pendidikan terus menerus kepada masyarakat, perusahaan dan korporasi. Terutama di daerah dengan kecenderungan peningkatan hotspot. Ajak tokoh agama, ajak tokoh masyarakat untuk jelaskan bahaya karhutla bagi kesehatan dan juga dampak ekonominya,” pinta Jokowi, Senin (22/2/2021).

Pemda, lanjut Presiden, perlu diingatkan untuk meningkatkan infrastruktur pengawasan dari level provinsi sampai ke bawah, termasuk desa-desa.

Melibatkan personel Babinsa dan Babhinkamtibmas, Jokowi juga meminta pemda serta kepolisian bersama-sama mengembangkan dashboard yang menampilkan seluruh detail pengendalian karhutla secara up to date.

“Saya kira melihat dulu di Riau saya lihat bagus, Polda punya aplikasi yang bisa cek sampai bawah. Hal-hal seperti itu yang harus kita lakukan,” pungkasnya.[had]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close