POLITICS

Soal Jabatan Wakil Panglima TNI, KSP Bocorkan Rencana Strategis?

Indonesiaplus.id – Informasi dari Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar terkait jabatan Wakil Panglima TNI. Kabar itu disampaikan Ali Ngabalin yang menurutnya posisi tersebut akan diisi segera.

Soal jadwal pengumuman atau siapa yang akan menduduki posisi tersebut, belum diketahui secara pasti. Namun berdasarkan kabar berhembus, Presiden Jokowi bakal menunjuknya pekan depan atau waktu lain.

“Penetapan wakil panglima TNI, memang sampai saat ini kami dari KSP belum mendapatkan informasi dan jadwal yang pasti,” ungkap Ali dari akun YouTube miliknya Serbet Ngabalin, Sabtu (26/6/2021).

Menurut Ali, Presiden punya banyak mempertimbangkan jika memutuskan seorang pejabat, apalagi posisi Wakil Panglima TNI cukup strategis.

Setidaknya ada dua hal yang menjadi pertimbangan dan betapa pentingnya mengenai profesionalisme, jenjang karir dan kebutuhan organisasi.

“Presiden memiliki kompetensi berdasarkan ketentuan UUD 1945 beliau memiliki hak prerogatif untuk mengangkat, menetapkan, dan menunjuk, karena itu kalau tidak ada aral melintang pekan depan kita sudah bisa mendapatkan informasi yang akurat terkait pengangkatan Wakil Panglima TNI,” ungkap Ali.

Jabatan Wakil Panglima TNI memang berencana akan dihidupkan lagi di masa pemerintahan Jokowi di periode kedua.

Dasar rencana tersebut adalah Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2019 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia, jabatan orang kedua di tubuh militer bakal dihidupkan setelah di era Presiden Abdurrahman Wahid dihapus.[had]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close