POLITICS

Palestina-Israel Bukan Urusan RI, Sekum PP Muhammadiyah: Hendropriyono Bukan Negarawan

Indonesiaplus.id – Pernyataan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal (Purn) AM Hendropriyono bahwa Palestina dan Israel bukan urusan Indonesia, melainkan urusan bangsa Arab dan Yahudi.

Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Abdul Mu’ti menyayangkan dan mengkritik pernyataan Hendropriyono tersebut.

“Saya menyayangkan pernyataan Hendropriyono dan beliau tidak mencerminkan sikap seorang negarawan,” tandas Abdul Mu’ti di Jakarta, Rabu (19/5/2021).

Pada Pembukaan UUD 1945, kata Mu’ti, jelas sekali menunjukkan bagaimana komitmen Indonesia dalam menentang segala bentuk penjajahan maupun agresi, dan peran serta aktif dalam menciptakan perdamaian dunia.

“Jadi, solidaritas bangsa Indonesia atas nasib bangsa Palestina merupakan bentuk pengamalan amanat konstitusi dan panggilan nurani berdasarkan Pancasila dan ajaran agama yang luhur,” tandasnya.

Presiden Jokowi dalam berbagai kesempatan menegaskan komitmen Pemerintah Indonesia dalam mendukung perjuangan Palestina sebagai bangsa dan negara yang berdaulat.

Tidak sedikit masyarakat Palestina yang menjadi korban atas serangan Israel. Hingga Ahad (16/5/2021) pukul 18.00 waktu Al-Quds atau pukul 22.00WIB, sebanyak 192 tewas akibat serangan Israel dan 1.235 korban luka-luka.[had]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close