POLITICS

Hikmahanto: Debat Penting untuk Pertajam Visi Misi Capres

Kamis, 17 Januari 2019

Indonesiaplus.id – Nanti malam bakal digelar debat calon presiden yang dinantikan oleh jutaan penonton di seluruh nusantara.

Debat kali ini akan disiarkan langsung oleh beberapa stasiun televisi.

Dalam debat perdana tersebut menghadrikan sejumlah panelis, salah satunya adalah Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI), Hikmahanto Juwana.

Hikmahanto mengaku tidak ada persiapan khusus untuk menjadi panelis malam nanti. Bahkan dia masih sempat mengajar terlebih dahulu.

“Iya, tidak ada persiapan secara khusus. Kali ini saya hanya menjadi panelis saja. Ini berbeda dengan lima tahun lalu. Kalau dulu saya menjadi panelis dan moderator,” ujar Hikmahanto, Kamis (17/1/2019).

Saat ditanya nanti malam dia akan menanyakan apa saja pada peserta debat, ia mengaku, pertanyaan diajukan tentunya seputar isu terkini yang berkembang di masyarakat.

Sehingga masyarakat nantinya bisa menentukan pilihan berdasarkan penjelasan yang diberikan para calon.

“Namun yang pasti pertanyaan akan berkembang di masyarakat, visi misi paslon, ditajamkan usai menjawab pertanyaan. Masyarakat mendapatkan modal paslon mana memilih ini untuk pemilih pemula,” ungkapnya.

Hikmahanto menandaskan, bahwa pemilih menginginkan program yang realistis ketimbang jawaban normatif. Sayangnya dia enggan menyebutkan isu apa yang menjadi menarik saat ini di masyarakat.

“Jadi kalau di Amerika isu aborsi menjadi tren dibicarakan. Siapa yang mendukung dan siapa yang tidak,” tandasnya.

Selain itu, ketika ditanya isu apa yang bisa menarik untuk menjadi perhatian, ia enggan menjawab sebelum debat dimulai. “Sabar ya,” pungkasnya.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close