POLITICS

Gegara Mendagri Absen, Pengumuman Pelaksanaan Pemilu 2024 Ditunda

Indonesiaplus.id – Pengambilan keputusan resmi terkait jadwal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 diputuskan ditunda oleh Komisi II DPR dikarenakan tak hadirnya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di dalam ruang rapat.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung saat membuka sidang menyampaikan Mendagri telah berkirim surat kepada pihaknya terkait perizinan tak hadir dalam rapat lantaran tengah mendapatkan penugasan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Tanah Papua untuk mengecek persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) hingga menampung aspirasi terkait rancangan peraturan pemerintah terkait Otonomi khusus (Otsus) Papua.

“Kami akan sepakati hari ini karena Mendagri tidak bisa hadir secara langsung sehingga kita akan bahas atau kita ambil keputusan nanti di tanggal 16 September,” katanya saat membuka rapat di Komisi II DPR, Gedung Nusantara, Jakarta, Senin (6/9/2021).

“Kita bisa setujui ya pak ya?,” tanya Doli yang langsung dijawab ‘Setuju’ dari anggota dewan yang hadir secara fisik maupun virtual.

Pada agenda hari ini sangat penting untuk mendengarkan kesiapan penyelenggara terkait pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Doli mumutuskan untuk tetap melanjutkan agenda tersebut.

Komisi II bisa mengetahui hasil rapat-rapat dari tim kerja yang terdiri dari pemerintah, penyelenggara, dan DPR. “Hari ini kita akan mendengarkan laporan dari hasil tim kerja, tentu yang saya kira sudah dirapihkan sesuai dengan kesepakatan kita oleh KPU. Jadi nanti kita akan dengarkan dari kpu, tambahan dari Bawaslu. Setelah itu kita akan bahas lebih lanjut dan proses pengambilan keputusan di tahap berikutnya,” pungkas Doli.[had]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close