POLITICS

Bawaslu Finalisasi Aturan Pengawasan Pilkada Serentak di Tengah Corona

Indonesiaplus.id – Peraturan terkait pengawasan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) lanjutan di tengah bencana Non-alam Corona virus Disease 19 (Covid-19) akan dikeluarkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Selain memperbaharui beberapa peraturan Bawaslu terkait dengan pelaksanaan tahapan pemilihan 2020, Bawaslu akan menerbitkan peraturan Bawaslu (Perbawaslu) berkaitan dengan bagaimana melaksanakan fungsi pengawasan, penanganan pelanggaran, dan penyelesaian sengketa di masa pandemi Covid-19, ” ujar anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Petalolo di Jakarta, Senin (13/7/2020).

Saat ini, kata Ratna, Bawaslu masih melakukan pembahasan dari draft Perbawaslu tersebut. Setelah itu, baru kemudian draft tersebut dikirimkan kepada pemerintah dalam hal ini Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk segera diundangkan. “Tapi memang sudah sampai finalisasi harmonisasi draf (Perbawaslu),” katanya.

Selain itu, Bawaslu merasa penting untuk mengeluarkan peraturan ini guna menyesuaikan kondisi yang tengah dihadapi Indonesia saat ini. Dengan begitu, tahapan dan mekanisme yang ada bisa tetap berjalan dengan baik. “Jadi, penting untuk dituangkan dalam Perbawaslu,” ungkapnya.

Pemerintah, sebelumnya telah mengundangkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tentang penerapan protokol kesehatan dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 saat kondisi bencana non-alam yang tertuang dalam PKPU Nomor 6 Tahun 2020.[mus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close