NATIONAL

Wilayah Ende Flores, NTT, Diguncang Gempa 4,9 Skala Richter

Jumat, 2 Juni 2017

Indonesiaplus.id – Gempa bumi tektonik berkekuatan 4.9 Skala Richter (SR) mengguncang Ende, Flores Tengah, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Jumat (2/6/2017) dini hari pukul 02.44 WITA.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa dengan episentrum berada di koordinat 8.23 lintang selatan (LS) dan 121.66 bujur timur (BT) sekitar 49 kilometer barat laut Kabupaten Ende dengan kedalaman 17 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Waingapu, Sumba Timur, Arief Tyastama mengatakan, dampak gempa berupa guncangan berpotensi dirasakan di hampir seluruh Pulau Flores seperti Ruteng, Maumere, Larantuka II SIG-BMKG (II-III MMI).

“Laporan dari masyarakat sekitar, guncangan dirasakan ringan di Ende II SIG-BMKG (III-IV MMI). Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan yang ditimbulkan gempa,” ujar Arief.

Gempa di Ende, kata Arif, akibat aktivitas Sesar Naik Busur Belakang Flores yang berada di Utara Pulau Flores. Hasil pemodelan tsunami yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

BMKG meminta kepada warga di sekitar Kabupaten Ende agar tetap tenang. Warga tidak boleh terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.[Sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close