NATIONAL

TMMD Kuatkan TNI-Rakyat Melalui Pembangunan Rutilahu

Minggu, 21 Oktober 2018

Indonesiaplus.id – Gotong-royong membangun infrastruktur dilakukan melalui program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Kodim 0613/Ciamis di beberapa tempat di kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (21/10/2018).

Bersama Satgas dan masyarakat sekitar telah bekerja kurang lebih sepekan dan mereka berharap pembangunan sarana di beberapa wilayah tersebut bisa segera selesai.

Wilayah kerja dan jenis program TMMD tersebut, meliputi Rabat Beton di jalan Sindanglaya ukuran 1.55 M x 3 M; pengaspalan di jalan Katamaja ukuran 1200 M X 2.25; labur aspal di jalan Sindanglaya ukuran 155 M X2.5 M; Perbaikan dan pengaspalan di jalan Mangunjaya dan Rabat betondi jalan Pogor Sukaraharja ukuran 250 M X 2.5 M.

Juga, perbaikan jalan irigasi Cibikik; rumah tidak layak Huni (Rutilahu) sebanyak 2 rumah; sargam(pemeliharaan masjid Nurul Hidayah); pengadaan sarana air bersih pipanisasi dengan ukuran panjang 615 M; pamsimas (bak reservoir) ukuran 4 M X 4 M X 2 M X 0.20 M, serta pembangunan gedung olah raga (GOR) 24 M x 55 M.

Satu hal yang diutamakan dari progran TMMD adalah pembangunan Rutilahu milik Ibu Atik warga dari Dusun Pager Patih RT 008 RW 003, Desa Lumbung, Kabupaten Ciamis.

Dandim 0613 Ciamis Letkol. Arm.Reza Nur Patria Si.P, melalui Danramil/ Cigugur Kapten Arh Agus Purnomo mengatakan, anggota TNI berharap tidak ingin ada pembatas dengan masyarakat, hal ini terlihat melalui Program TMMD yang dikerjakan secara gotong-royong.

“Personil yang terlibat dalam program TMMD terdiri dari 125 dari TNI Angkatan Darat, 10 dari TNI Angkatan Udara; 10 dari Polri, 5 dari dinas/instansi, serta 20 dari masyarakat, ” katanya.

Dandim 0613/Ciamis melalui Danramil/Cigurur mengatakan, program TMMD dilakukan untuk menjalin dan membangun rasa kebersamaan antara Prajurit TNI dalam Satgas TMMD dengan Masyarakat sekitar.

“Melalui program TMMD sebagai bentuk kebersamaan antara TNI dan rakyat untuk meraih keberhasilan dan perjuangan yang keras, semangat dalam meraih harapan, ” tandasnya.

Selain itu, tidak hanya kerja sama yang solid, juga membuktikan masyarakat sudah menganggap TNI adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kedaulatan, kesatuan dan keutuhan bangsa.

“Prinsip itu sudah satu nafas dan tertanam di dada masyarakat di wilayah Kodim 0613/Ciamis, dengan menciptakan kemanunggalan antara TNI dan masyarakat, membangun karakter dan kemandirian.[man]

 

Show More

Related Articles

Back to top button
Close