NATIONAL

Serangan Siber Global Serang Dua Rumah Sakit Indonesia

Minggu, 14 Mei 2017

Indonefsiaplus.id – Serangan siber global yang dilakukan peretas dengan menggunakan ramsomware WannaCry menyerang dua rumah sakit di Indonesia.

Informasi tersebut didapatkan Reuters, Sabtu (13/5/2017), dari seorang pejabat komunikasi Indonesia dan belum terverifikasi.

Serangan tersebut, telah banyak dirasakan di beberapa rumah sakit, sekolah, universitas, dan institusi lainnya di negara-negara Asia. Namun, tingkat kerusakan dan kerugiannya hingga saat ini belum dapat diketahui.

“Saya yakin banyak perusahaan yang belum menyadarinya. Hal itu kemungkinan akan disadari pada Senin, saat banyak orang kembali bekerja,” ujar penasihat keamanan siber untuk pemerintah Jepang, William Saito.

Sementara itu, Biro Keamanan Umum Beijing mengatakan, sebagian pengguna sistem Windows di Cina telah terinfeksi ransomware. Kantor berita Xinhua juga melaporkan, beberapa sekolah menengah dan universitas turut menjadi korban peretasan.

Direktur perusahaan antivirus Vietnam, Bkav, Vu Ngoc Son, juga mengakui puluhan kasus infeksi virus telah dilaporkan di negaranya. Akan tetapi, dia menolak untuk mengidentifikasi jumlah korbannya.

Hal yang sama dialami Korea Selatan, dengan mengatakan sebuah rumah sakit di universitas terkena dampak. Dampak yang paling mengganggu dilaporkan terjadi di Inggris, saat rumah sakit dan klinik dipaksa mengusir pasien setelah kehilangan akses ke komputer.[Sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close