NATIONAL

Sambil Menuju Monas, Massa 1712 Kibarkan Bendera Palestina

Minggu, 17 Desember 2017

Indonesiaplus.id – Aksi solidaritas untuk memberikan dukungan kepada Negara Palestina atau disebut Aksi 1712 Bela Palestina, digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Hal tersebut dilakukan karena Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut bahwa Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Aksi 1712 dimulai dengan Salat Subuh berjamaah di Mesjid Istiqlal. Usai itu, massa akan menuju Lapangan Monas sebagai titik konsentrasi aksi solidaritas ini.

Sementar itu di Mesjid Istiqlal, Minggu (17/12/2017), massa aksi tampak membawa beberapa panji bendera. Salah satunya adalah bendera Negara Palestina yang dikibarkan.

Simbol dalam aksi solidaritas ini bendera Palestina. Tak hanya bendera Palestina, banyak pula panji bendera dari berbagai organisasi keagamaan lainnya. Massa pun terus meneriakkan takbir sebelum menuju Lapangan Monas.

Massa masih terus memadati pintu keluar Mesjid Istiqlal. Jumlah massa dengan kondisi pintu yang kecil membuat antrean yang cukup panjang.

Mesjid Istiqlal sendiri saat ini didominasi dengan warna putih, pasalnya, massa aksi banyak yang mengenakan pakaian muslim berwarna putih lengkap dengan kopiah dikepalanya.

Untuk mengamankan aksi ini, pihak Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya sebelumnya menyatakan akan melakukan rekayasa lalu lintas dibeberapa titik wilayah. Meski begitu, pengalihan kendaraan tetap akan melihat kondisi situasional yang berkembang dilapangan.

“Rekayasa arus lalu lintas akan dilaksanakan melihat perkembangan situasi dilapangan (situasional),” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagarra melalui keterangan tertulisnya, Jakarta, Sabtu (16/12/2017).

Rekayasa lalu lintas itu akan diberlakukan dibeberapa titik, antara lain, arus lalu lintas dari Hayam Wuruk yang mengarah ke Merdeka barat dualihkan ke Jalan Juanda, Pasar Baru,Gunung sahari atau ke Lapangan Banteng, Pejambon, Merdeka timur,Ridwan Rais dan Tugu Tani.

Kemudian arus lalu lintas dari Tugu Tani mengarah ke Merdeka selatan dialihkan Jalan Ridwan Rais, Merdeka Timur, Jalan Perwira, Lapangan Banteng, Harmoni atau ke Jalan Gunung Sahari.

Sedangkan arus dari Bunderan HI yanh akan mengarah ke Merdeka Barat dibelokan kekiri ke Jalan Budi Kemuliaan, Jalan Abdul Muis, Harmoni. Selanjutnya, arus lalu lintas dari Tanah abang yang akan mengarah ke Patung Kuda diarahkan ke Jalan Abdul Muis, JalanMajapahit, dan Harmoni.[Sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close