NATIONAL

Mensos: Perlu Libatan Dunia Usaha Tingkatkan Kesejahteraan Disabilitas

Ahad, 21 Juli 2019

Indonesiaplus.id – Pemerintah bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan kesejahteraan sosial, baik pada pilar perlindungan sosial dan jaminan sosial, rehabilitasi sosial, penanganan fakir miskin, serta pemberdayaan sosial.

“Kompleksitas dan dinamika pengelolaan kesejahteraan sosial, mengharuskan pemerintah perlu bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat, termasuk kalangan usaha, ” tulis Mensos yang disampaikan oleh Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, Margowiyono, dalam kegiatan Corporate Responsibility Week (CR Week) 2019, di area Car Free Day (CFD) di kawasan Sudirman, Jakarta, Ahad (21/07/2019).

Kementerian Sosial menyampaikan apresiasi kepada AXA Mandiri dan AXA yang telah menunjukkan kontribusinya dalam ikut mendorong tugas-tugas pembangunan kesejahteraan sosial, khususnya bagi penyandang disabilitas.

Kegiatan CR Week 2.000 karyawan dan jajaran manajemen AXA Mandiri dan AXA untuk melakukan aksi peduli lingkungan dan kesehatan, bersama penyandang disabilitas yang mendapat rehabilitasi sosial di empat Balai yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial RI yaitu BBRVPD “Cibinong” Bogor, BRSPDSRW “Melati” Jakarta, BRSPDSN “Tan Miyat” Bekasi, BRSPDI “Ciung Wanara” Bogor.

Dalam kegiatan memberikan bantuan berupa Perlindungan Kecelakaan Diri dengan uang pertanggungan senilai Rp7,5 milliar, beserta sarana penunjang kreatifitas, kesehatan, pendidikan dan olahraga.

Acara tahunan oleh semua entitas AXA Group di seluruh dunia sejak 2011 ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan CR Week 2019 yang sebelumnya telah dilakukan di lima kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Bogor dan Surabaya.

“Kegiatan tahun ini mengusung program “Yakin Kita Bisa!” yang menggambarkan semangat kebersamaan untuk meningkatkan penyetaraan sosial, kesehatan dan lingkungan hidup, selaras dengan tujuan mulia AXA Mandiri dan AXA yakni Empower People to Live a Better Life,” ucap Country CEO AXA Indonesia Julien Steimer.

Serangkaian kegiatan menarik berdasarkan tiga tema utama. Pertama, penyetaraan sosial bagi penyandang disabiitas seperti naik MRT bersama penyandang disabilitas untuk memberi pengalaman kepada mereka menggunakan fasilitas MRT bagi penyandang disabilitas, aktivitas interaktif dan pertunjukan musik oleh penyandang disabilitas.

Kedua, kesehatan dan tema ketiga terkait lingkungan berisi kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis yang dilakukan oleh MRCCC Siloam Hospitals Semanggi sebagai penyedia layanan kesehatan AXA Mandiri dan AXA. Ketiga, senam sehat, jalan sehat, dan aksi memungut sampah oleh seluruh karyawan di beberapa titik, di antaranya Dukuh Atas sisi Timur dan Barat, Taman MRT Dukuh Atas dan Taman Kolong Dukuh Atas (Jalan Kendal).

Kegiatan literasi keuangan dan pendampingan membuat keterampilan bersama dengan adik-adik penyandang autisme di Rumah Autis Bogor; Lokakarya peduli lingkungan hidup dengan kegiatan mengubah barang bekas menjadi alat peraga edukatif kepada guru PAUD di Semarang; serta Literasi keuangan mengenai perencanaan usaha bagi pelaku UKM di Yogyakarta dan Seminar kesehatan terkait pola gaya hidup sehat di Surabaya.

“Melalui kegiatan dan bantuan ini dapat meningkatkan semangat teman-teman penyandang disabilitas untuk terus berkarya. Mereka memiliki harapan dan kesempatan yang sama untuk dapat memiliki kualitas hidup yang lebih baik,” kata Julien.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close