NATIONAL

Menristek Apresiasi LIPI Luncurkan Hasil Identifikasi Danau dalam Bentuk Buku

Indonesiaplus.id – Data dasar mengenai danau di Indonesia dikumpulkan oleh Pusat Penelitian Limnologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), sekaligus meluncurkan hasil identifikasi danau-danau Indonesia dalam bentuk buku berseri.

Melaui kolaborasi para ahli dan pemangku kepentingan dari berbagai macam instansi diharapkan database danau Indonesia ini semakin lengkap.

“Mendukung penelitian danau-danau di Indonesia terkait pengelolaan ekosistem danau semakin maju dan berkelanjutan,” ujar Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang PS Brodjonegoro dalam webinar bertajuk “Database Danau Indonesia dan Peluncuran Buku Identifikasi Danau Indonesia: Peranan Strategis dari Ketersediaan Data Dasar Danau-danau di Indonesia” di Jakarta, Kamis (3/12/2020).

Buku tentang identifikasi danau-danau Indonesia tersebut akan menjadi sumber informasi penting untuk membuat perencanaan ke depan yang lebih baik tentang strategi konservasi alamnya dan pemulihan danau dan fungsinya bagi masyarakat sekitar.

Dari apa yang dilakukan Pusat Penelitian Limnologi LIPI dengan database danau-danau Indonesia ini menjadi awal kesadaran pemerintah dan elemen masyarakat tentang pentingnya danau.

“Saya kira ini penting dan paling tidak kita tahu di mana ada danau seberapa besar danau dan peran yang bisa dimainkan danau tersebut bagi kehidupan masyarakat sekitar,” ungkap Bambang.

Menurut Kepala LIPI Laksana Tri Handoko bahwa data dasar danau-danau di Indonesia itu menjadi informasi awal yang sangat penting bagi semua pihak termasuk berbagai kementerian dan lembaga dalam memikirkan dan membuat perencanaan yang lebih baik ke depan.

“Tentu sangat berguna untuk keberlanjutannya, seperti informasi tentang pemerintah telah menetapkan revitalisasi 15 danau kritis di Indonesia menjadi prioritas nasional untuk ditangani, penting diketahui publik,” ujarnya.

Handoko menilai bahwa informasi mengenai data dasar danau termasuk jumlah dan klasifikasinya sangat dibutuhkan dalam pengelolaan sumber daya air dan ekosistem danau.

“Webinar ini menjadi satu langkah awal bagaimana kita mengelola danau dan juga nanti daerah aliran sungai dengan lebih baik berbasis riset ilmiah,” ungkapnya.

Dipahami bahwa danau merupakan badan air yang dibatasi oleh daratan, terbentuk secara alami maupun buatan. Indonesia diperkirakan mempunyai lebih dari 1.575 danau, terdiri dari 840 danau besar dan 735 danau kecil (situ).

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) merilis pada 2016 luas total danau di Indonesia sekitar 491.724 hektare. Adapun jumlah tepat danau belum diketahui dengan pasti.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close