NATIONAL

KPU: Daftar Soal Debat Pilpres Selesai Dibuat Panelis

Senin, 7 Januari 2019

Indonesiaplus.id – Daftar soal debat Calon Presiden dan Calon Wapres Perdana telah selesai dibuat oleh panelis dan akan diperiksa oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

“Dari Daftar soal sudah dibikin dari panelis hari Sabtu-Minggu kemarin, sudah selesai. KPU perlu waktu beberapa hari memeriksa soal itu baik dari sisi redaksi maupun dari sisi konten,” ujar Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di Jakarta, Senin (7/1/2019).

KPU akan memastikan redaksional pertanyaan yang dibuat panelis akan mudah dibaca oleh moderator dan soal tidak merugikan atau menguntungkan salah satu kandidat.

Penyerahan soal dari panelis kepada KPU, maka tugas panelis telah selesai. Panelis aklan hadir dalam acara debat dalam status sebagai undangan KPU RI.

Pada saatnya nanti, soal yang ada akan diletakkan dalam wadah kaca yang akan diundi oleh masing-masing kandidat dan diserahkan kepada moderator untuk dibacakan.

Terkait rencana KPU memberikan kisi-kisi, Pramono menyampaikan hal itu sudah disepakati kedua timses pasangan calon dalam rapat yang diselenggarakan bersama.

Debat Capres perdana akan dilaksanakan 17 Januari 2019 dengan tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Sedangkan panelis pembuat soal debat perdana terdiri dari enam tokoh, yakni Prof Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum UI), Prof Bagir Manan (mantan Ketua MA), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM), Bivitri Susanti (Ahli Tata Negara), Margarito Kamis (Ahli Tata Negara), dan unsur pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Selain itu, KPU menyatakan kesiapannya menindaklanjuti kontrak pencetakan surat suara Pemilu 2019.

“Mulai 8 hingga 10 Januari merupakan jadwal penandatanganan kontrak surat suara antara lembaga kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah (LKPP) dan para pemenang lelang,” ujar Pramono.

Usai penandatanganan kontrak, selanjutnya KPU akan menampilkan desain surat suara itu di katalog nasional sebelum diproduksi pada tanggal 16 Januari 2019.

Untuk penandatanganan kontrak surat suara akan dilakukan di Gedung KPU RI dalam waktu dekat, setelah dipastikan tidak ada sanggahan terkait dengan pemenang tender pencetakan surat suara. Masa sanggahan dibatasi hingga hari ini.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close