NATIONAL

Terlihat di Aceh, Kemenag Imbau Masyarakat Salat Khusuf

Indonesiaplus.id – Wilayah Indonesia barat mendapatkan gerhana bulan Penumbra akan terlihat di Aceh pada Sabtu (11/1/2020) dini hari.

Di Banda Aceh dan sekitarnya awal kontak gerhana ini terjadi sekitar pukul 00.07 WIB dan puncaknya terjadi pukul 02.10 WIB dan akan berakhir sekira pukul 04.12 WIB.

Menurut ahli Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh, Alfirdaus Putra, berbeda dengan gerhana bulan total, gerhana Penumbra hanya akan terlihat sebagian. Fenomena ini bisa terjadi 2-5 kali dalam setahun.

Fenomena gerhana bulan Penumbra, lebih sulit diamati karena bayangan utama bumi tidak mengenai permukaan bulan. Bulan hanya menjadi sedikit lebih redup dari biasanya.

“Cahaya bulan sedikit lebih redup karena terkena bayangan samar-samar Penumbra saat proses gerhana, tidak sampai terlihat seperti bulan sabit seperti pada saat terjadi gerhana bulan sebagian,” ujar Alfirdaus, Kamis (9/1/2020).

Namun, gerhana bulan ini hanya bisadisaksikan saat bulan purnama. Juga, saat matahari bumi dan bulan berada pada posisi sejajar dengan bumi berada di tengahnya.

Sedangkan, fenomena gerhana bulan bisa terjadi saat bulan purnama tertutup bayangan bumi yang mengakibatkan terjadinya gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian atau gerhana bulan Penumbra. Hal itu tergantung posisi bayangan yang mengenai permukaan bulan saat terjadi gerhana.

Sementara itu, Kepala Bagian Umum dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Kemenag Aceh, Safrizal, mengatakan pihaknya akan mengadakan pengamatan gerhana Penumbra pada Jumat (10/1/2020) malam.

Pengamatan akan dilakukan di halaman Kantor Kemenag Aceh. “Kami menyiapkan alat pengamatan gerhana dan bagi masyarakat yang ingin menyaksikannya bisa bergabung. Juga, mengimbau masyarakat melaksanakan salat khusuf pada saat peristiwa alam tersebut terjadi, ” pungkasnya.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close