GLOBAL

Status Darurat Diumumkan Victoria, Dampak Kebarakan Dahsyat

Indonesiaplus.id – Status darurat diumumkan oleh negara bagian Victoria, Australia, menjelang kondisi bahaya karena dampak kebakaran hutan yang dahsyat melanda.

Dampak dari kebakaran hutan tersebut, telah menghancurkan 1,2 juta hektare lahan di Victoria dan juga menewaskan tiga orang. Diprediksi dalam kondisi bahaya akan terjadi hari ini karena cuaca panas ekstrem.

“Jadi, saya mengetahui kita tidak melihat kebakaran hutan pada awal musim ini. Tapi, saya melakukan respons responsif melihat banyak kebakaran hutan pada beberapa pekan lalu,” ujar Perdana Menteri (PM) Victoria Daniel Andrews, dilansir BBC.

Pihak otoritas telah menyarankan warganya mengungsi di kawasan Alpine dan East Gippslanda yang rawan kebakaran. Selain itu, temperatur hari ini diprediksi mencapai 41 derajat Celsius dan angin kencang serta kering.

Perdana Menteri (PM) Australia Scott Morrison menyarankan agar turis asing tidak takut dengan kebakaran di Australia. Dia berkunjung ke Pulau Kanguru untuk melihat dan menyapa wisatawan yang terdampak kebakaran hutan.

“Australia itu terbuka. Australia itu tempat menakjubkan untuk datang dan membawa keluarga. Nikmati liburanmu,” ungkap Morrison setelah bertemuan petani dan pegawai biro perjalanan wisata, dilansir Reuters.

“Di Pulau Kanguru, dua pertiga wilayah terbuka dan siap untuk bisnis. Sangat penting untuk menjaga ekonomi lokal tetap hidup saat ini,” jelasnya.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close