NATIONAL

Hari Pahlawan Nasional Ditetapkan oleh Presiden RI Pertama Soekarno

Indonesiaplus.id – Awal sejarah 10 November sebagai Hari Pahlawan ditetapkan oleh Presiden Soekarno melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959 pada 16 Desember 1959.

Usai penetapan tersebut, bangsa Indonesia memperingati setiap 10 November sebagai Hari Pahlawan Nasional. Pemerintah pun menetapkan Hari Pahlawan Nasional sebagai hari besar, namun bukan hari libur.

Intisari Hari Pahlawan Nasional adalah untuk mengenang sejarah pertempuran 10 November 1945 yang berlangsung di Surabaya, Jawa Timur.

Para tentara dan milisi Indonesia yang pro terhadap kemerdekaan bangsa Indonesia dengan gagah berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda.

Bung Sutomo menjadi salah satu tokoh yang berhasil membangkitkan perlawanan rakyat untuk melakukan perlawanan terhadap penjajah.

Suara Bung Tomo dikenang melalui seruan-seruan heroik dalam siaran-siaran radionya yang penuh dengan semangat kemerdekaan.

Saat itu, Kota Surabaya tengah diserang habis-habisan oleh pasukan Inggris yang mendarat untuk melucutkan senjata tentara pendudukan Jepang dan membebaskan tawanan Eropa. Sejarah mencatat rakyat Surabaya berhasil memukul mundur pasukan Inggris.

Tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yakni ‘Pahlawanku Sepanjang Masa’. Tema ini diambil untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah rela mempertaruhkan nyawanya demi kedaulatan NKRI.

Diharapkan masyarakat bisa memaknai Hari Pahlawan Nasional dengan terus menerapkan protokol kesehatan sebab bangsa Indonesia masih berjuang untuk melawan pandemi Covid-19.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close