GLOBAL

Biografi Singkat Tiga Anak Presiden Baru AS Joe Biden

Indonesiaplus.id – Usai memenangkan pemilu presiden, Joe Biden bakal segera dilantik menjadi presiden ke-46 Amerika Serikat (AS).

Sebelumnya, ia meniti karier sebagai senator untuk Delaware sejak 1973 lalu menjabat wakil presiden Barack Obama selama dua periode.

Namun, tak lama setelah terpilih pada usia 30 tahun ia harus kehilangan istri pertamanya Neilia Hunter dan putrinya berusia setahun, Naomi, dalam sebuah kecelakaan mobil. Putra Biden, Beau dan Hunter berada dalam mobil itu namun hanya mengalami luka ringan.

Putra Pertama Joe Biden yaitu Beau Biden meninggal dunia karena tumor otak pada 2015 di usia 46 tahun. Biografi singkat anak-anak Joe Biden dilansir Independent, Selasa (10/11/2020).

Beau Biden
Lahir pada 1969 dan kuliah di Universitas Pennsylvania. Lalu menjadi juru tulis untuk hakim New Hampshire sebelum bergabung dengan Departemen Kehakiman AS antara 1995 sampai 2002, termasuk tugas sebagai jaksa federal.

Anak tertua Biden itu menjalani penempatan selama setahu di Irak selama War on Terror dan dianugerahi Bronze Star sebelum menikah dengan Hallie Olivere pada 2002. Pasangan itu memiliki dua anak, Natalie dan Robert, yang masing-masing lahir pada 2004 dan 2006.

Pada 2010, Beau menderita stroke ringan dan kemudian menjadi awal dari kanker yang secara tragis merenggut nyawanya pada 2015.

Hunter Biden
Seorang pengacara dan konsultan investasi, Biden Jr memainkan peran utama dalam kampanye 2020. Donald Trump dan pendukungnya berusaha mencoreng keluarga Biden dengan mengklaim bahwa Hunter berusaha mengeksploitasi koneksi bisnisnya di Ukraina dan China, saat ayahnya masih menjabat sebagai wapres.

Hunter lulus dari Universitas Georgetown pada 1992, lalu menghabiskan satu tahun di Jesuit Volunteer Corps di Oregon sebelum mengejar gelar Juris Doctor dari Yale Law School.

Usai lulus pada 1996, dia pindah ke Wilmington untuk bekerja sebagai wakil presiden Bank MBNA. Dari sana, ia diangkat sebagai direktur di Departemen Perdagangan di bawah pemerintahan Bill Clinton. Ia memiliki tiga anak perempuan dengan istri pertamanya Kathleen yakni Naomi, Finnegan dan Maisy.

Ashley Biden
Putri Biden berusia 39 tahun merupakan lulusan antropologi budaya dari Universitas Tulane di Louisiana. Ia pernah bekerja sebagai pelayan di restoran pizza dan pekerja sosial, sebelum ditunjuk sebagai Direktur Eksekutif Delaware Center for Justice.

Lalu, Ashley mendirikan merek fesyen, Livelihood. Sebagai seorang anak, kecintaan Ashley pada lingkungan menginspirasi ayahnya untuk berkolaborasi dengan anggota kongres Barbara Boxer pada 1990 Dolphin Protection Consumer Information Act.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close