NATIONAL

Hanya Peningkatan, Kepala TN Komodo: Tak Ada Pembangunan Jurassic Park

Indonesiaplus.id – Tidak ada proyek pembangunan Jurassic Park di Nusa Tenggara Timur (NTT). Namun, yang ada proyek untuk peningkatan sarana dan prasarana (sarpras) Wisata TN Komodo.

“Jadi, tak ada pembangunan Jurassic Park di Taman Nasional hanya peningkatan sarpras wisata. Itu ditingkatkan,” ujar Kepala Balai Taman Nasional Komodo, Lukita Awang di Jakarta, Jumat (24/6).

TN Komodo, kata Awang, adalah kawasan konservasi. Sehingga, penataannya dibagi menjadi tiga zonasi.

Dalam ketiga zonasi tersebut, yakni, zona inti, zona rimba dan zona pemanfaatan. Ia berkata pembangunan sarpras wisata itu berada pada zona pemanfaatan.

Dengan luas lahan akan dibangun sarpras wisata hanya secuil dari luas keseluruhan. Di Pulau Rinca misalnya, ia menyebut luas lahan yang dijadikan sarpras wisata 500 hektare dari total luas 20.000 hektare.

“Dari luas lahan yang ada hanya 0,01 persen, sehingga di zona inti tidak ada apa apa,” katanya.

Pada 2020 sempat heboh TN komodo akan dijadikan Jurassic Park. Bahkan, saat itu viral foto seekor Komodo mengadang truk viral di media sosial.

Sejumlah pihak mengecam rencana tersebut. Sebanyak lebih dari 350 ribu warganet meneken petisi di change.org mendesak pemerintah mencabut izin pembangunan proyek ‘Jurassic Park’ lewat pihak asing atau swasta di TN Komodo.

Pihak UNESCO sempat menegur Indonesia dan lembaga itu menilai proyek Jurassic Park berdampak negatif terhadap lingkungan.[yus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close