NATIONAL

Energi Gempa Sulbar Belum Keluar Semua, BMKG: Jauhi Bangunan Sudah Ambruk

Indonesiaplus.id – Gempa susulan masih akan terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Perkiraan berangkat dari penglihatan BMKG bahwa energi gempa di Mamuju belum seluruhnya keluar.

“Saat ini, energi gempa diperhitungkan masih tersisa dan belum keluar semua,” ujar Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, Ahad (17/1/2021).

Ada kemungkinan, kata Dwikorita, gempa susulan yang akan terjadi mencapai magnitudo 6,2 seperti yang terjadi kemarin. Namun, mengingatkan bahwa hal tersebut masih sebatas prediksi saja.

“Jadi, ini baru sebatas potensi dan tidak 100 persen kepastiannya, sehingga gempa itu sulit untuk dipastikan kerjadiannya,” tandas Dwikorita.

Informasi yang beredar bahwa BMKG meminta masyarakat keluar dari Mamuju, sebab gempa susulan akan terjadi lebih besar dari kemarin bisa dipastikan informasi tersebut tidak benar.

Pihak BMKG hanya mengimbau agar masyarakat untuk menjauhi bangunan yang sudah ambruk.

“Kami imbau untuk menjauhi bangunan-bangunan yang sudah runtuh, juga lereng yang rawan longsor serta cukup jauh dari pantai,” pungkas Dwikorita.[yus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close