GLOBAL

Trump Cabut Izin Pemasok Huawei di Dua Hari Lagi Kekuasaannya

Indonesiaplus.id – Dicabut lisensi yang memungkinkan perusahaan AS menjual pabrikan China dan aplikasi dari pemasok AS untuk mendapatkan lisensi tersebut ditolak.

Keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang tinggal dua hari lagi berkuasa tersebut, terhadap salah satu perusahaan yang lisensinya dicabut adalah Intel Corp.

Juga, Departemen Perdagangan, dilansir Bloomberg, Senin (18/1/2021), menyatakan sejumlah permintaan lisensi untuk mengekspor perangkat Huawei juga ditolak.

Dampak keputusan ini, sejumlah perusahaan AS harus menunggu berbulan-bulan mengetahui apakah diperbolehkan untuk menjual produknya ke Huawei. Namun, setidaknya lebih 150 lisensi senilai US$120 miliar masih tertunda akibat kebijakan ini.

Trump juga sebelumnya, memasukkan sejumlah produk China ke dalam daftar hitam sebagai “perusahaan militer Komunis China” pada 11 November 2021.

Trump mengecam perusahaan China yang telah menjadi ciri khas kepresidenannya. Selain Huawei, ZTE, dan Xiaomi, Trump berupaya melarang platform media sosial, yaitu TikTok.

Selain itu, Trump menandatangani perintah eksekutif yang melarang transaksi dengan delapan aplikasi buatan China, termasuk WeChat Pay dan AliPay.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close