NATIONAL

Diusulkan Peraturan Ganjil Genap Diperpanjang di DKI Jakarta

Selasa, 18 Desember 2018

Indonesiaplus.id – Peraturan ganjil genap tetap diterapkan pada 2019 diusulkan oleh Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Skema waktunya pun diusulkan untuk diperpanjang menjadi pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB. Usulan itu diputuskan dalam Focus Group Discussion yang dilakukan Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Dalam FGD tersebut, diikuti pakar transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Darmaningtyas.

“Memang diusulkan seperti saat Asian Games 06.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB,” ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Paraturan ganjil genap hanya akan diterapkan selama hari Senin hingga Jumat. Sedangkan, Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional aturan tersebut tidak diberlakukan.

Menurut Budiyanto usulan itu keluar karena kebijakan ganjil genap efektif dalam mengurai volume mobil di  DKI Jakarta. Juga, kebijakan akan diintegrasikan dengan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law  Enforcement (e-TLE).

“Penegakan hukum dengan e-TLE dapat diintegrasikan karena program itu dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di Jakarta,” katanya.

Belum ada keputusan final dari usulan tersebut. Pasalnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang berwenang memutuskan keberlanjutan kebijakan ganjil genap tersebut. Kebijakan ganjil genap ini pun akan  berakhir pada 31 Desember 2018.

“Dishub akan membuat laporan ke Gubernur untuk mendapatkan persetujuan/keputusan dari Gubernur. Keputusan terakhir ada di Gubernur,” tutupnya.[sap]

Related Articles

Back to top button