NATIONAL

BPPTKG Yogyakarta: Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas 1.500 Meter

Indonesiaplus.id – Terjadi letusan awan panas Gunung Merapi yang pada pukul 06.21 WIB dengan tinggi kolom kurang lebih 1.500 meter.

“Iya, terjadi letusan awan panas Gunung Merapi pada 9 November 2019, pukul 06.21 WIB. Letusan awan panas terpantau memiliki ketinggian kolom letusan 1.500 meter dari puncak,” ujar Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Hanik Humaida di Yogyakarta, Sabtu (9/11/2019).

Awan panas ini, kata Hanik, tercatat di seismogram BPPTKG Yogyakarta. Sedangan dari data seismogram diketahui, letusan memiliki amplitudo max. 65 milimeter dan durasi kurang lebih 160 detik.

Saat ini, BPPTKG masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II atau Waspada. Status waspada ini telah ditetapkan sejak 21 Mei 2018.

BPPTKG Yogyakarta menyebut area dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi, agar tidak ada aktivitas manusia. Masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa di luar radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close