NATIONAL

BMKG: Pangandaran Diguncang Gempa Tektonik 4,2 SR

Indonesiaplus.id – Wilayah Kabupaten Pangandaran diguncang gempa berkekuatan 4,2 Skala Richter (SR) yang terjadi pada pukul 10:49:00 WIB, Senin (28/9/2020).

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) gempa tektonik tersebut terjadi pada koordinat 8.27 LS dan 108.23 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 69.53 km Barat Daya Pangandaran pada kedalaman 10 kilometer.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, bahwea gempa bumi terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas penyesaran dalam Lempeng Eurasia.

Gempa bumi ini digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran dengan Skala Intensitas II MMI.

Sedangkan, getaran juga dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

“Juga, tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock),” ungkap Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hendro Nugroho.

Namun, masyarakat tetap diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close