NATIONAL

Akan Berdakwah di Hong Kong, Ustaz Abdul Somad Diusir Aparat

Minggu, 24 Desember 2017

Indonesiaplus.id – Dijadwalkan ustaz kondang Abdul Somad akan memberikan ceramah di Hong Kong pada 24 – 25 Desember 2017. Namun, baru menginjakan kaki di Bandara sudah dihadang sekelompok orang.

Ust Abdul Somad dideportasi usai mendarat di Bandara Internasional Hong Kong, Sabtu (23/12/2017) pukul 15.00 waktu Indonesia barat.

Ada beberapa orang yang tak berseragam menghampirinya begitu keluar dari pintu pesawat. Saat itu, ustaz asal Riau itu bersama dua orang lainnya, yakni Dayat dan Nawir.

“Mereka meminta saya buka dompet. Membuka semua kartu-kartu yang ada. Di antara yang lama mereka tanya adalah kartu nama Rabithah Alawiyah (Ikatan Habaib). Saya jelaskan. Di sana saya menduga mereka tertelan isu terorisme. Karena ada logo bintang dan tulisan Arab,” tulis ustaz Somad melalui akunnya di Instagram.

Mereka diduga dari otoritas keamanan di Hong Kong yang melalukan interogasi Ustaz Somad dan dua rekannya. Pertanyaan seputar identitas, pekerjaan, riwayat pendidikan, hingga keterkaitan dengan ormas dan politik.

“Saya jelaskan bahwa saya murni pendidik, intelektual muslim lengkap dengan latar belakang pendidikan saya,” katanya.

Usai proses interogasi selama kurang lebih 30 menit, Ustaz Somad akhirnya diberitahu bahwa dia dilarang masuk Hong Kong. “Mereka jelaskan bahwa negara mereka tidak dapat menerima saya. Itu saja. Tanpa alasan. Mereka langsung mengantar saya ke pesawat yang sama untuk keberangkatan pukul 16.00 WIB ke Jakarta,” tulisnya kepada 1 juta pengikutnya di Instagram.

Ustaz Somad pun meminta maaf kepada para tenaga kerja Indonesia (TKI) di Hong Kong yang telah mengundangnya.

”Kepada sahabat-sahabat panitia jangan pernah berhenti menebar kebaikan di jalan dakwah. Mohon maaf tidak terhingga buat sahabat-sahabat pahlawan devisa negara di Hongkong,” akhir tulisannya.[Sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close