NATIONAL

2 Kali Guncangan di Bengkulu, BMKG: Gempa Doublet

Indonesiaplus.id – Pagi ini, wilayah Bengkulu dan sekitarnya diguncang dua kali gempa dalam waktu yang bersamaan dan lokasinya berdekatan.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa gempa ‘doublet’.

“Pagi ini terjadi gempa di wilayah Bengkulu dan sekitarnya diguncang gempa “doublet”, yaitu gempa yang kekuatannya hampir sama dalam waktu dan lokasi berdekatan,” ujar Kepala Bidang Mitigas Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, Rabu (19/8/2020).

Pemantauan BMKG menyatakan bahwa gempa pertama terjadi sekira pukul 05.23 WIB dengan magnitudo update 6,6 an episenter 4,50 LS, 100,91 BT dilaut pada jarak 169 km arah Baratdaya Bengkulu.

Gempa kedua terjadi sekira pukul 05.29 WIB dengan magnitudo update 6,7 dan episenter 3,74 LS dan 101,56 BT di laut pada jarak 78 km arah Baratdaya Bengkulu Utara dengan kedalaman11 Km.

“Dengan guncangan kuat dilaporkan terjadi di Kota Bengkulu, Bengkulu Utara, Mukomuko, Seluma, Kepahiang dalam skala intensitas IV MMI, warga panik berhamburan keluar rumah akibat guncangan kuat yang terjadi tiba-tiba.

“Gempa juga dirasakan di Bengkulu selatan, Kaur, Curup, Lebong dalam skala intensitas III MMI, serta di Lubuk Linggau dalam skala intensitas II-III MMI,” pungkas Daryono.[sap]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close