HUMANITIES

Libatkan Anak-anak di Hari Pahlawan 2021, Mensos: Tanamkan Semangat Juang Bagi Generasi Bangsa

Indonesiaplus.id – Rangkaian kegiatan Hari Pahlawan 2021 di tingkat pusat, Kementerian Sosial akan melibatkan anak-anak yang dianggap penting untuk menanamkan semangat juang yang diwariskan para pahlawan.

“Kita ingin menggugah anak-anak bahwa kemerdekaan yang kita raih bukan pemberian tapi perjuangan para pahlawan. Agar anak-anak tidak jadi lemah dan semangat untuk berjuang mengisi kemerdekaan,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam Rapat Pleno Hari Pahlawan 2021 di Gedung Anek Bhakti, Jakarta, Jumat (05/11).

Anak-anak yang terdiri dari perwakilan siswa-siswi SMP dan SMA diajak untuk mengikuti Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata pada tanggal 10 November 2021.

“Mereka rencananya akan mengisi acara menyanyikan lagu-lagu perjuangan dengan iringan musik tradisional. Setelah itu kita ajak mereka menabur bunga di makam pahlawan,” ungkap Mensos.

Pada 15 November 2021 akan diselenggarakan Penguatan Nilai Kepahlawanan yang menghadirkan perwakilan siswa siswi SMP dan SMA dari seluruh Indonesia untuk mengunjungi makam pahlawan, situs-situs perjuangan, dan museum. “Ada sekitar 100 hingga 200 anak diundang dengan syarat sudah vaksinasi,” tandas Mensos.

Kegiatan Hari Pahlawan 2021 mengusung tema “Pahlawanku Inspirasiku” diselenggarakan dengan kegiatan utama, kegiatan pokok, dan kegiatan penunjang baik di tingkat pusat, daerah, maupun luar negeri.

Kegiatan Utama di tingkat pusat pada 10 November meliputi: 1. Upacara Ziarah Nasional di TMPNU Kalibata dengan Inspektur Upacara Presiden RI; 2. Upacara Tabur Bunga di Laut dengan Inspektur Upacara Panglima TNI; 3. Upacara Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara dengan Inspektur Upacara Presiden RI.

Kegiatan penunjang berupa lomba karya ilmiah Kepahlawanan Tingkat Nasional serta Kerja Bakti Kepahlawanan di TMPNU Kaibata pada 30 – 31 Oktober. Di tingkat daerah dan luar negeri, peringatan Hari Pahlawan dilaksanakan dengan upacara bendera dengan jumlah terbatas serta pengibaran bendera Merah Putih satu tiang penuh.

Masyarakat diimbau menggelar Hening Cipta secara serentak selama 60 detik dimulai pada 10 November 2021 pukul 08.15 waktu setempat dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan. Informasi selengkapnya terkait Hari Pahlawan Nasional 2021 dapat diakses melalui https://kemensos.go.id/

Hadir dalam rapat tersebut, Dirjen Pemberdayaan Sosial; Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial; Dirjen PFM; Irjen Kemensos; Kepala BP3S; Staf Khusus Menteri Sosial; Ketua Umum Panitia Pusat Hari Pahlawan 2021; Kepala Biro Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan; Kepala Biro Personel TNI dan Polri Setmilpres; Kepala Staf Garnisun Tetap 1/Jakarta; perwakilan Kementerian Perhubungan, perwakilan Kemendikbudristek; Senior Vice President Bank Mandiri; Vice President BNI.[ama]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close