NATIONAL

BMKG: Jawa Tengah Diguncang Gempa Berpusat di Darat

Indonesiaplus.id – Wilayah Jawa Tengah (Jateng) diguncang serangkaian gempa yang berpusat di darat terjadi pada Selasa (9/11/2021), tengah malam.

Kekuatan magnitudo gempa tergolong kecil, yakni di bawah angka 3. Berdasarkan hasil pantauan dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), awalnya gempa terjadi pukul 22.56 WIB. Gempa tersebut dilaporkan berpusat di darat, 5 kilometer barat laut Ambarawa.

Gempa berada di kedalaman 6 kilometer dan guncangan gempa dirasakan berskala MMI II di Ambarawa, Jambu, Banyubiru, Rosari, Sumber, hingga Kaliputih.

Gempa kembali terjadi tak lama setelah tepatnya pada pukul 23.11 WIB. Kekuatan gempa menurun menjadi magnitudo 2,4. Adapun, pusat gempanya berada di darat, 9 kilometer dari Kota Salatiga.

Gempa di kedalaman 5 kilometer tersebut turut dirasakan dengan skala MMI II di Ambarawa, Pojoksari, Brongkol, Losari, Kupang, dan Krangan. Gempa terjadi lagi hanya berselang satu menit setelah guncangan kedua.

Dilaporkan gempa berkekuatan magnitudo 2,8 terjadi pukul 23.12 WIB. Gempa ketiga masih berpusat di darat, 4 kilometer timur Ambarawa. Namun, belum diketahui ada korban jiwa atau kerugiaan materiil akibat tiga gempa di Jateng tersebut.[yus]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close