HEALTH

Wasapada! Konsumsi Kopi dan Kafein Bahayakan Janin dan Ibu Hamil

Rabu, 24 Mei 2017

Indonesiaplus.id – Tidak sedikit penelitian yang menyebutkan bahwa terdapat ragam manfaat kafein bagi tubuh. Memang tidak dipungkiri, namun konsumsi kafein bisa menimbulkan bahaya bagi wanita yang sedang hamil.

Kandungan kopi, teh, dan cokelat merupakan bagian dari kafein. Sehingga, ketika mengkonsumsi berlebaikan kafein, disebut-sebut dapat memberi energi tambahan pada tubuh. Tapi, kafein memberikan efek buruk pada kalsium di tubuh.

“Kafein mengikat kalsium, jadi saat minum kopi, kalsium di tubuh akan terbuang. Adanya tanin di dalam kandungan kafein, membuat penyerapan kalsium terhambat atau malah membuang kalsium di tubuh,” ujar spesialis gizi klinis, dr. Diana Suganda, M.Kes., Sp.GK, di kawasan Senayan, Jakarta, Selasa (23/5/2017).

Apalagi bagi ibu hamil yang membutuhkan kalsium untuk kebutuhan gigi dan tulang janin. Bisa dipastikan berbahaya bagi pembentukan tulang yang tidak sempurna, bisa mengintai janin.
Selain kalsium, konsumsi kafein juga membuat zat besi terbuang. Padahal, zat besi sangat penting dalam pembentukan darah.

“Kandungan zat besi itu penting dalam pembentukan darah, di mana kalau produksi darah menurun, energi pada tubuh bisa menurun. Nanti kondisi ibu hamil malah yang harusnya extra zat besi, jadi lemah,” tandasnya.

Berdasarkan kondisi di atas, disarankan konsumsi kafein per hari cukup hanya 200 miligram. “Cukup satu cangkir atau satu sashet kopi bubuk instan aja sehari, kalau berlebihan dampaknya bahaya bagi kesehatan, ” saranya.[Mas]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close