HEALTH

Tidur Berlebihan, Yuk Kenali Bahayanya bagi Kesehatan

Jumat, 25 November 2016

Indonesiaplus.id – Kualitas hidup sehat merupakan salah satu hal utama dengan memiliki kualitas tidur yang cukup.

Namun biasanya banyak orang yang terlalu banyak tidur, karena tidak ada aktivitas. Bisa jadi sebaliknya, ada yang justru kurang tidur karena aktivitas yang terlalu padat. Pola tidur yang tidak berkualitas menjadikan kesehatan seseorang itu terpengaruh.

Kebanyakan pengaruh tersebut kurang baik bagi kesehatan, maka dari itu Anda sebaiknya tidur dengan pola yang sehat agar mendapatkan kualitas tidur yang berkualitas bagi tubuh. Berikut ini bahaya tidur berlebihan bagi kesehatan Anda.

Kelelahan dan obesitas
Terlalu banyak tidur benar-benar bisa membuat Anda merasa lebih lelah. Hal ini karena semakin lama Anda tidur, maka semakin rendah suhu tubuh yang akhirnya bisa menyebabkan kelelahan ekstrim dan lesu ketika bangun.

Dengan oversleeping, Anda lebih berisiko obesitas karena tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih dari tidur berlebihan dan sedikit kesulitan membakar kalori sepanjang hari.

Depresi
Ini mungkin karena fakta bahwa semakin lama Anda tidur, maka aktivitas fisik juga semakin berkurang. Sehingga endorfin untuk bahan bakar suasana hati Anda juga mengalami penurunan yang bisa menyebabkan efek psikologis seperti depresi.

Diabetes dan penyakit jantung
Penelitian menunjukkan diabetes dan penyakit jantung terkait dengan oversleeping. Penyebab penyakit ini mungkin tidak diketahui. Fakta bahwa obesitas merupakan risiko bagi mereka yang sering tidur berlebihan bisa menempatkan pada risiko terkena diabetes dan penyakit jantung.

Sakit kepala
Sakit kepala umum terjadi pada orang-orang yang overseleeping. Tidur dalam jangka waktu yang lama memiliki dampak negatif pada neurotransmitter di otak yang aktif selama tidur. Juga, yang menyebabkan Anda terbangun dengan kepala berdenyut.[Mas]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close