HEALTH

Perlu Tahu! Berikut 5 Manfaat Tak Terduga Jus Nanas bagi Kesehatan

Indonesiaplus.id – Salah satu buah yang dikenal masyarakat kaya akan kandungan gizi dan nutrisi adalah Nanas. Dengan
tekstur kulit bersisik dengan daging berwarna kuning dan rasa yang manis.

Nanas mungkin bermanfaat dan digunakan dalam makanan orang yang menderita beberapa penyakit. Jus nanas adalah cairan konsentrat segar yang dibuat dari bubur buah nanas. Ini adalah campuran alami dari enzim, vitamin, dan mineral yang bermanfaat, yang bisa menjadikannya minuman pagi yang bermanfaat.

Nanas juga digunakan dalam berbagai makanan. Dalam banyak budaya, nanas telah digunakan untuk tujuan potensial yang berbeda. Selain itu, nilai gizi dan komponen bermanfaat dari nanas membuatnya semakin populer di kalangan orang

Pertama, sistem Pencernaan
Jus nanas mampu membantu pencernaan karena mengandung nutrisi seperti karbohidrat, serat, kalsium, kalium, vitamin C, dan mineral tertentu yang dapat membantu pencernaan.

Enzim pencernaan utama, bromelain, mungkin bertanggung jawab untuk memecah molekul protein besar. Ini mungkin merangsang pencernaan dan meningkatkan fungsi usus. Aktivitas detoksifikasi nanas bisa membantu membersihkan mikroflora lambung dan membantu sembelit.

Kedua, Tulang
Kesehatan tulang bisa dirasakan manfaat usai minum jus nanas. Pasalnya, Nanas mengandung mineral seperti mangan, yang mungkin bertanggung jawab untuk membentuk tulang dan sel ikat. Sifat antioksidan vitamin C bisa membantu dalam pembentukan kolagen tulang, otot, tulang rawan dan pembuluh darah

Jus nanas bisa membantu dalam membangun tulang lebih sehat, kuat, dan tubuh berotot. Minum jus nanas oleh orang dewasa yang lebih tua bisa membantu memperkuat tulang mereka, juga meningkatkan pertumbuhan tulang pada orang muda.

Ketiga, Diare
Menderita sakit diare secara signifikan, bisa menyebabkan penyakit dan kematian pada anak-anak. Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain, yang mungkin berguna dalam diare.

Patogen utama yang bertanggung jawab untuk diare menghasilkan racun di saluran pencernaan, terutama di usus. Enzim bromelain mungkin memiliki kemampuan untuk melawan racun ini. Jus nanas juga bisa menghentikan penempelan bakteri patogen ke permukaan usus dan menyebabkan aktivitas anti diare.

Keempat, Osteoartritis
Beberapa orang mengalami nyeri sendi yang parah, yang mungkin terkait dengan osteoartritis. Penelitian menunjukkan bahwa nanas mungkin memiliki efek penghilang rasa sakit yang bisa membantu meredakan nyeri sendi yang pegal, mirip dengan obat-obatan tertentu yang digunakan untuk nyeri.

Penelitian dilakukan oleh Akhtar et al., jus nanas mengandung komponen penting yang dapat meningkatkan pereda nyeri dan mengurangi peradangan pada persendian.

Kelima, Tumor
Jus nanas mungkin menunjukkan aktivitas anti tumor dan anti kanker. Enzim bromelain bisa membantu mengatur pembelahan dan penyebaran sel kanker. Aktivitas anti tumor mungkin karena sifat antiinflamasi nanas. Salah satu penelitian pada garis sel manusia (Chandler dan Mynott, 1998) menunjukkan enzim bromelain mungkin memiliki kemampuan untuk membunuh sel tumor.(fny/jpnn)

Jus nanas mungkin menunjukkan aktivitas anti tumor dan anti kanker. Enzim bromelain bisa membantu mengatur pembelahan dan penyebaran sel kanker.

Dengan aktivitas anti tumor mungkin karena sifat antiinflamasi nanas. Salah satu penelitian pada garis sel manusia (Chandler dan Mynott, 1998) menunjukkan enzim bromelain mungkin memiliki kemampuan untuk membunuh sel tumor.[auf]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close