HEALTH

Pakar: Lebih Sulit Move On Jika Anda Bekerja dari Rumah

Jumat, 20 Oktober 2017

Indonesiaplus.id – Banyak manfaat bagi Anda yang bekerja dari rumah. Namun, ada satu hal negatif yang besar, yakni lebih sulit bagi Anda untuk melepaskan diri dari pekerjaan di penghujung hari

Menurut peneliti Inggris menemukan bekerja jarak jauh dikaitkan dengan kepuasan kerja
dan komitmen yang lebih besar pada atasan. Tapi ada harga yang harus dibayar karena
rumah kita terjepit dengan pekerjaan kita.

Terungkap dalam sebuah laporan yang diterbitkan di New Technology, Work and
Employment. “Secara tradisional, Anda memiliki batas spasial yang dibuat untuk Anda oleh
kantor, toko dan pabrik, yang berarti rumah dan tempat rekreasi lainnya terpisah dari
pekerjaan,” ujar profesor riset di School of Social Sciences di Universitas Cardiff Wales, Alan Felstead, seperti dilansir laman Today.

Namun, kerja jarak jauh mengaburkan garis batas itu dan pekerja harus mengembalikan
batasan tersebut. Itu sebabnya mengapa sulit (bagi karyawan) untuk mematikannya.

Masalah lain akhir-akhir ini adalah adanya ponsel pintar dan perangkat lain yang bisa
membuat Anda bekerja 24 jam setiap hari. “Teknologi pasti memainkan peran penting dalam membiarkan batas spasial dihapus,” tandasnya.

“Kesulitannya adalah bahwa ponsel cerdas itu tidak tahu kapan Anda bekerja dan saat
berada di rumah. Akhirnya, ini tentang batasan,” katanya.

Peneliti Cardiff meneliti tanggapan survei dari total lebih dari 15.000 pekerja Inggris. Mereka yang bekerja dari rumah lebih cenderung melampaui hari kerja normal dan berusaha lebih keras daripada yang diminta.

Mereka juga cenderung mengalami kesulitan untuk beralih dari mode kerja dan melepaskan diri. “Saya memberitahu klien yang bekerja dari rumah bahwa mereka benar-benar perluuntuk melakukan kompartementalisasi,” ucap Randy Simon, pakar keseimbangan kehidupankerja dan psikolog dalam praktik pribadi di Montclair, N.J.

“Misalnya, pastikan ada tempat terpisah di rumah Anda untuk bekerja, sehingga seluruh
rumah Anda tidak identik dengan pekerjaan,” tandasya.

Ada beberapa tips lagi untuk orang-orang yang bekerja dari rumah:

1. Jika Anda tidak memiliki kantor di rumah, tinggalkan pekerjaan Anda di akhir hari
Jika Anda tidak memiliki ruang untuk kantor di rumah, pastikan Anda menyimpan semua
dokumen yang berhubungan dengan pekerjaan di penghujung hari. Jika meja makan
digunakan sebagai meja kerja, kembalikan menjadi meja makan pada akhir hari kerja Anda.

2. Tetapkan batasan kapan Anda siap untuk atasan Anda
Jika Anda mendapatkan email dari atasan dan Anda melihatnya di pukul 10 pagi, kadang-
kadang lebih baik tidak merespons meskipun Anda memiliki tanggapan. Jika Anda menjawab hanya memperkuat atasan untuk terus menghubungi.

3. Buat jadwal kerja
Setengah jam sebelum akhir hari Anda, mulailah meletakkan semuanya. Lakukan
pengarsipan Anda. Simpan salinan dari apa yang Anda butuhkan.[Was]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close