HEALTH

Asam Urat Kambuh? Silakan Coba Minum Air Daun Sirsak

Indonesiaplus.id – Mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi purin dan beberapa obat tertentu bisa mengakibatkan asam urat. Asam urat merupakan salah penyakit yang menyerang sendi-sendi tubuh dan biasanya menyerang sendi lutut, pergelangan tangan dan beberap sendi tubuh lainnya.

Bahkan, jika sudah melebihi batas normal, asam urat tidak akan bisa larut kembali dalam darah. Namun jika tidak menginginkan pengobatan medis, pengobatan asam urat dengan cara tradisional bisa dilakukan.

Secara tradisional pengobatan asam urat bisa dilakukan dengan menggunakan kompres es batu sekitar 20 menit pada bagian sendi yang sakit. Ada cara lain dengan obat tradisional yang dipercaya bisa mengobati asam urat adalah dengan menggunakan daun sirsak yang ternyata terbukti efektif untuk mengatasi penyakit asam urat.

Memang sejak lama, daun sirsak dikenal sebagai salah satu jenis daun yang memiki khasiat untuk berbagai jenis penyakit. Pasalnya, senyawa kimia yang ada dalam daun sirsak sangat ampuh untuk membunuh bakteri, virus dan bisa digunakan untuk proses regenerasi sel yang rusak.

Selain senyawa kimia, mengandung beberapa zat yang sangat efektif untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Beberapa zat ini di antaranya adalah acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin dan asam linoleat.

Kandungan acetogenin bisa membunuh sel sel kanker yang ada dalam tubuh. Juga, senyawa lain seperti glikosida, tannin dan berbagai senyawa lain yakni alkaloid dan juga flavanoid. Memiliki beberapa kandungan seperti yang disebutkan di atas yang berfungsi sebagai antivirus, antibakteri, membantu proses pencernaan dan antimikroba.

Pertama, ambil 6 sampai 10 helai daun sirsak yang masih dipohon; Cuci hingga bersih, pencucian dilakukan pada air yang mengalir; Potong daun sirsak menjadi beberapa bagian, agar zat yang terkandung dalam daun sirsak bisa keluar dan menyatu dengan air; Rebus potongan daun sirsak tersebut pada air sekitar 400 ml;

Juga, tunggu hingga air rebusan hanya tersisa setengahnya saja; Tunggu hingga dingin dan kemudian bisa dikonsumsi setelahnya; Untuk mendapatkan hasil yang optimal, air rebusan ini bisa diminum rutin setiap hari; Apabila tidak suka rasanya, bisa ditambahkan 2 sendok teh madu agar rasanya sedikit manis.

Kedua, untuk mengobati penyakit asam urat, daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit diabetes. Menghindari beberapa hal yang bisa mengakibatkan munculnya asam urat, bisa dilakukan pencegahannya; Jangan mengonsumsi makanan yang banyak menghasilkan zat purin. Hal ini disebabkan salah satu pemicu asam urat yakni karena zat purin; Beberapa makanan yang arus dihindari oleh penderita asam urat yakni jenis ikan sarden, ikan tuna, ikan trout;

Juga, untuk menghindari mengonsumsi hati hewan, kaldu, jeroan, daging, lobster, kerang, semua jenis kacang kacangan, kembang kol, dan beberapa jenis makanan lain yang mengandung zat purin; Jika terbiasa meminum minuman beralkohol,

Sebaiknya mengurangi kadar meminumnya atau jauh lebih baik lagi menghindari minuman beralkohol; Dianjurkan meminum air putih yang mengandung alkaline. Sedangkan, air putih bisa membantu kerja ginjal dan membersihkan dari beberapa zat yang dianggap tidak perlu.[auf]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close