HEALTH

Teh Ginseng Cara Sehat Kontrol Gula Darah Penderita Diabetes

Indonesiaplus.id – Salah satu penyakit berbahaya di dunia adalah diabetes. Data dari Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), pada 2005 terdapat 415 juta orang penderita diabetes di seluruh dunia.

Sedangkan pada 2040, angka tersebut mungkin akan terus bertambah menjadi sebanyak 642 juta orang penderita diabetes.

Diabetes ditandai dengan munculnya fluktuasi kadar gula darah dalam tubuh. Mereka harus hati-hati dengan asupan makanan.

Para ahli menyebutkan makanan yang bisa menyebabkan gula darah meningkat di antaranya makanan manis berlebihan, minuman aerasi, serta lemak trans.

Namun, jangan khawatir banyak sekali ragam makanan, rempah-rempah, serta tanaman tradisional yang mampu membantu mengobati penyakit diabetes, salah satunya yaitu ginseng.

Sejak dulu, ginseng dipercaya sebagai bagian penting dari pengobatan oleh orang Tiongkok. Juga, orang Korea pun menggunakannya dalam berbagai masakan dan obat-obatan.

Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa ginseng merah Korea bisa meningkatkan sensitivitas insulin untuk membantu penderita diabetes tipe 2 mengelola diabetes mereka secara lebih efisien.

Selain itu, Ginseng juga bisa membentuk interaksi terhadap insulin, glimepiride, glipizide, dan glyburide yang mampu membantu menurunkan gula darah.

Berbekal khasiat dalam ginseng tersebut, bisa menjadi upaya untuk pengobatan penyakit diabetes yang tengah Anda derita saat ini.

Lalu, bagaimana cara pengolahannya? Silakan Anda mengikuti tips di bawah ini :

Potong dan iris tipis akar ginseng segar, buat sekitar 6-7 irisan. Selanjutnya, tuang 4 gelas air panas ke dalam panci yang telah disediakan.

Juga, Anda dapat menambahkan serutan jahe. Usai 10 menit direndam, saring dan tuangkan ke dalam gelas.

Nah, itulah teh ginseng yang berguna untuk mengontrol gula darah bagi penderita diabetes. Semoga tambah sehat.[sam]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close