GLOBAL

Sinyal Makin Jelas Ratu Elizabeth Mundur dari Tugas – Tugas Resmi

Senin, 13 November 2017

Indonesiaplus.id – Perlahan tapi pasti, Ratu Inggris Elizabeth II mengambil langkah penting dengan mulai mundur dari tugas-tugas resmi.

Hal itu terlihat untuk kali pertama Elizabeth menyerahkan pewaris takhta Pangeran Charles meletakkan karangan bunga di Monumen Cenotaph, dekat gedung parlemen, dalam upacara mengenang para tentara yang gugur dalam perang, Minggu (12/11/2017).

Prosesi peletakan karangan bunga oleh Charles memang mengatasnamakan sang Ratu. Namun, untuk kali pertama pula Elizabeth (91) mengikuti jalannya event tahunan Minggu Kenangan dari balkon Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) ditemani sang suami, Pangeran Philip (96) yang resmi pensiun dari tugas-tugas publik per Agustus lalu.

Sebelumnya, pihak Istana Buckingham memang mengumumkan Ratu dan Pangeran Philip akan mengikuti upacara dari balkon Kantor Kemlu. Selama 65 tahun bertakhta, hanya enam kali Elizabeth absen dalam upacara Minggu Kenangan.

Namun, pada saat ia ada di Inggris dan menghadiri upacara tersebut tetapi menyerahkan peran kepada Charles, ini pertanda jelas sang Ratu mulai mengurangi tugas-tugas resminya.

Beberapa tahun terakhir Ratu Elizabeth telah mengurangi hingga 22 persen dari agenda tugas resmi, dari 425 saat perayaan berlian berkuasa pada 2012 menjadi 332 pada 2016.

Pada momen Minggu Kenangan selalu dilaksanakan pada hari Minggu terdekat dengan peringatan Armistice Day 11 November – peringatan penandatanganan perjanjian damai mengakhiri Perang Dunia I pada 1918 yang merenggut lebih dari 1 juta nyawa warga Kerajaan Inggris selama empat tahun perang.

Mula-mula untuk mengenang mereka, tetapi Minggu Kenangan kemudian untuk mengingat seluruh tentara yang gugur di semua medan perang. Setelah dua menit mengheningkan cipta di seluruh negeri, tiba Charles melangkah ke depan meletakkan karangan bunga apiun (poppy).

Para anggota keluarga Kerajaan Inggris, termasuk Pangeran William dan Harry, ikut menghadiri upacara itu bersama politisi senior dan veteran. Tidak ketinggalan, upacara dihadiri pula sejumlah mantan perdana menteri (PM), termasuk Tony Blair. PM Inggris Theresa May dan ketua oposisi Jeremy Corbyn juga meletakkan karangan bunga di Monumen Cenotaph.[Fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close