GLOBAL

Presiden Yunani Wanita Pertama Dilantik Tanpa Jabat Tangan

Indonesiaplus.id – Pada Jumat (13/3/2020), Yunani melantik presiden wanita pertama di negara itu, Katerina Sakellaropoulou (64), untuk masa jabatan lima tahun.

Presiden baru Yunani itu, adalah seorang mantan presiden Dewan Negara, pengadilan administrasi tertinggi Yunani, akan menggantikan Prokopis Pavlopoulos.

Upacara pelantikan dilakukan secara sederhana di tengah wabah virus Corona dengan mengambil sumpah dalam sebuah upacara terbatas diikuti anggota parlemen dan pejabat lainnya.

Hal itu dilakukan Yunani dengan telah melarang pertemuan umum dan menutup sekolah dan bioskop untuk membendung penyebaran virus, serta jabat tangan ditiadakan dalam upacara pelantikan itu, seperti dilansir Reuters, Sabtu (14/3/2020).

Pasca terpilihnya Sakellaropoulou sebagai presiden Yunani menunjukkan demonstrasi keharmonisan dunia politik Yunani yang kacau.

Sakellaropoulou adalah calon partai konservatif yang didukung oleh partai-partai oposisi, termasuk partai sayap kiri Syriza yang kehilangan kekuasaan dalam pemilu Juli lalu.

Terkait dengan penyebaran virus corona, hingga kini Yunani mencatat 190 kasus infeksi dengan satu orang dilaporkan tewas.[fat]

Show More

Related Articles

Back to top button
Close